• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Malang Raya

Peduli Korban Banjir, PMII Malang Beri Sembako hingga Galang Dana

Peduli Korban Banjir, PMII Malang Beri Sembako hingga Galang Dana
PC PMII Kota Malang menyerahkan sembako kepada warga terdampak banjir di tenda pengungsian, Kota Malang. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
PC PMII Kota Malang menyerahkan sembako kepada warga terdampak banjir di tenda pengungsian, Kota Malang. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Malang gerak cepat membantu korban banjir di Kota Malang. Bencana tersebut merupakan luapan air kiriman Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas imbas dari banjir yang menerjang Kota Batu pada Kamis (04/11).

 

Ada 400 Kepala Keluaraga (KK) yang harus mengungsi, sebab beberapa rumah warga di Kelurahan Jatimulyo terendam air dengan Tinggi Muka Air (TMA) kurang lebih 10 senti meter. Tidak hanya itu, sejumlah perabotan rumah warga juga hanyut dibawa arus air.

 

"PMII Cabang Kota Malang menyalurkan 7 kardus pakaian layak pakai dan 30 paket sembilan bahan pokok (sembako) ke tempat pengungsian," kata Ketua PC PMII Kota Malang, Sa’i Yusuf, Jum'at (05/11).

 

Ia menambahkan, bahwa penyaluran tersebut merupakan tanggung jawab PMII Kota Malang atas bencana sosial-ekologi yang terjadi di kota setempat. Diharapkan, sedikit bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk korban banjir.

 

“Semoga bantuan yang sudah disalurkan dapat meringankan beban warga terdampak akibat bencana yang terjadi,” harapnya.

 

Disebutkan, bahwa pendistribusian bantuan dilakukan ke empat titik di sepanjang Sungai Brantas, yaitu Penanggungan, Jodipan, Klojen, dan Saiful Anwar.

 

Selanjutnya, menurut Sa’i, PMII Kota Malang akan melakukan pendampingan kepada warga terdampak banjir. Salah satunya turut melakukan bersih-bersih rumah warga dan lingkungan di sepanjang aliran Brantas.

 

“Selain itu, kami juga akan membantu pendirian posko dan dapur darurat di daerah Penanggungan, serta membuka donasi dan galang dana,” ungkapnya.

 

Dijelaskannya, bahwa donasi tersebut dapat berbentuk barang, seperti pakaian, handsanitizer, masker dan lain sebagainya, yang bisa langsung diserahkan ke Sekretariat PC PMII Kota Malang, Jalan Mayjend Panjaitan 164, Kota Malang, atau menghubungi kontak 085850929784 (Flam) dan 089665301875 (Dema).

 

Donasi berbentuk uang dapat ditransfer langsung ke nomor rekening Bank Jatim 2032103688, atas nama PC PMII KOTA MALANG.

 

Terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Alie Mulyanto mengimbau kepada masyarakat sekitar DAS Brantas untuk tetap mewaspadai banjir. Karena menurut Hidrometrologi akan ada peningkatan curah hujan hingga 40 persen.

 

 

"Tidak hanya di daerah Brantas, tapi juga diseluruh wilayah rawan bencana longsor maupun banjir," pesan Alie Mulyanto.

 

Diketahui, sejumlah titik di Kota Malang terkena banjir. Di antaranya di daerah Kampung Brantas, Kampung Warna-Warni Jodipan, Muharto, Jalan Bougenville dan sejumlah daerah lain yang lokasinya berada di bantaran Sungai Brantas.


Malang Raya Terbaru