• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Malang Raya

Pererat Silaturahim, Pergunu dan LP Ma’arif NU Pakis Malang Gelar Porsgunu

Pererat Silaturahim, Pergunu dan LP Ma’arif NU Pakis Malang Gelar Porsgunu
Pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Guru Nahdlatul Ulama atau Porsgunu 2024 oleh PAC Pergunu dan LP Maarif NU Pakis, Malang, Sabtu (27/01/2024). (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Guru Nahdlatul Ulama atau Porsgunu 2024 oleh PAC Pergunu dan LP Maarif NU Pakis, Malang, Sabtu (27/01/2024). (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) dan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Kecamatan Pakis menggelar Pekan Olahraga dan Seni Guru Nahdlatul Ulama (Porsgunu) 2024. Kegiatan dalam rangka mempererat silaturahim guru NU ini dipusatkan di NUIS Campus, Pakiskembar, Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (27/01/2024).

 

Ketua Pelaksana Porsgunu, Samsulibat menyampaikan, bahwa melalui pelaksanaan Porsgunu diharapkan dapat memberikan pemahaman yang seragam dalam menjaga akidah Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah.

 

“Selain itu, diharapkan pula dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahim, sehingga semua guru NU merasakan persatuan dalam satu keluarga lintas lembaga dan saling memberikan dukungan satu sama lain,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Dirinya menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kolaborasi perdana antara Pergunu dengan LP Ma’arif NU. Tujuannya untuk menyelaraskan pemikiran demi kemajuan lembaga yang ada di lingkungan NU.

 

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi guru untuk berprestasi. Karena selama ini kan belum ada wadah guru untuk lomba-lomba, yang ada anak-anak," ucapnya.

 

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersbeut pihaknya mengadakan lima jenis perlombaan. Adapun pesertanya yaitu semua guru Nahdlatul Ulama yang mengajar di lembaga yang berafiliasi Nahdlatul Ulama di wilayah Kecamatan Pakis.

 

"Ada 5 lomba, Mas. Pertama, kaligrafi putra-putri. Kedua, tenis meja putra-putri. Ketiga, catur putra-putri. Keempat, menggambar dan mewarnai putra-putri. Kelima, paduan suara," jelas Kepala MI Al Hidayat Bunut Wetan, Pakis itu.

 

Daftar Pemenang

Berdasarkan data yang dihimpun NU Online Jatim, berikut daftar pemenang pertama masing-masing lomba Porsgunu. Paduan suara dimenangkan oleh tim paduan suara dari SMK NU Pakis, sementara dirijen terbaik diraih Ifanatun Nadhiroh dari SMK NU Pakis.

 

Adapun lomba menggambar putra dimenangkan oleh Davianto dari SDI Al Faqih, dan menggambar putri diraih Ida Mustafida dari MI Al Hidayat. Kemudian, kaligrafi putra diraih Moh Zamroni dari MTs Hasyim Asy'ari, sedang kaligrafi putri diraih Nurul Khabibatut Diniyah dari MI Al Hidayat.

 

Lomba tenis meja putra dimenangkan Khoirul Umami dari SMP NU Pakis, tenis meja putri diraih Binti Afdrikah dari MI Hayatul Islamiyah. Sedangkan catur putra diraih Imam Syarifudin dari MI Islamiyah, dan catur putri diraih Dinar Maudri Lestari dari SDI Hasyim Asy'ari.


Malang Raya Terbaru