• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Malang Raya

Ribuan Jamaah Banjiri Haul KH M Thohir di Singosari Malang

Ribuan Jamaah Banjiri Haul KH M Thohir di Singosari Malang
Sambutan KH Abdul Hasib Mahfudz dalam peringatan haul KH M Thohir atau Mbah Bungkuk. (Foto: NOJ/Sholli - Ansor Media)
Sambutan KH Abdul Hasib Mahfudz dalam peringatan haul KH M Thohir atau Mbah Bungkuk. (Foto: NOJ/Sholli - Ansor Media)

Malang, NU Online Jatim
Ribuan umat muslim Malang Raya berbondong-bondong menghadiri kegiatan Singosari Bersholawat. Acara dalam rangka memperingati haul ke-89 KH M Thohir atau Mbah Bungkuk dan masyayikh Singosari. 


Kegiatan yang juga bekerja sama dengan Majelis Maulid Wat Ta'lim Riyadlul Jannah tersebut dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Al-Islahiyah Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (11/06/2022).


Jamaah memulai kegiatan dengan berziarah ke komplek pemakaman di belakang Masjid At-Thohiriyah Bungkuk. Lokasinya di Pondok Pesantren Miftahul Falah, Jalan Bungkuk, Pagentan, Singosari.


Antusias hadirin melakukan ziarah karena mengetahui beberapa ulama yang disemayamkan di area pemakaman ini. Di antaranya KH Hamimudin, KH Mohammad Thohir (menantu KH Hamimuddin berasal dari Bangil), Nyai Hj Fatimah Thohir, Nyai Hj Zainab Thohir, KH Nachrowi Thohir (salah satu muassis NU). Juga Nyai Hj Sholichah, Nyai Hj Ruqoiyah (istri KH Nachrowi Thohir), KH Mudjib Anwar, KH Masjkur (Panglima Laskar Sabilillah yang juga tercatat sebagai pahlawan nasional), termasuk Nyai Hj Fatimah Cholil (istri KH Masjkur), dan lainnya.


"Alhamdulillah, kami bersyukur atas nikmat yang diberikan pada malam ini. Bersyukur kita diberikan nikmat sehat dan sempat untuk menghadiri pembacaan shalawat dan peringatan haul Mbah Bungkuk ini," kata KH Abdul Hasib Mahfudz selaku perwakilan keluarga KH M Thohir.


Gus Hasib juga mengungkapkan permohonan maaf lantaran cucu KH M Thohir yaitu KH Munsif Nachrowi Thohir tidak bisa hadir dalam peringatan haul kali ini. Demikian juga berharap hadirin dapat mengambil manfaat dari haul.


"Kami atas nama keluarga, mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh jamaah yang hadir. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari peringatan haul ini," harap Rais Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNu) Singosari tersebut.


Sebagai informasi, dalam kegiatan ini turut hadir diantaranya KH Harun Ismail dari Blitar (mubaligh), KH Mahmud Abdillah, Gus Ahsani Fathur Rahman, Gus M Rofi'ul Hamid Himzi. Juga Habib Abdurrahman Baraqbah, dan sejumlah tokoh lain.


Editor:

Malang Raya Terbaru