• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Matraman

Ribuan Alumni Hadiri Haul Akbar KH Hasyim Sholeh Ponorogo

Ribuan Alumni Hadiri Haul Akbar KH Hasyim Sholeh Ponorogo
Temu kangen dalam rangka haul akbar ke-19 KH Hasyim Sholeh di Pesantren Darul Huda, Mayak, Ponorogo. (Foto: NOJ/Arisel WA)
Temu kangen dalam rangka haul akbar ke-19 KH Hasyim Sholeh di Pesantren Darul Huda, Mayak, Ponorogo. (Foto: NOJ/Arisel WA)

Ponorogo, NU Online Jatim 
Kemeriahan terlihat di Pondok Pesantren Darul Huda, Mayak, Tonatan, Ponorogo. Karena pada Kamis (19/05/2022) digelar temu kangen alumni se-Nusantara dalam rangka haul akbar ke-19 muassis Pondok Pesantren Darul Huda, KH Hasyim Sholeh. Kegiatan dipusatkan di aula pondok putri pesantren setempat.


Ribuan jamaah yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara turut hadir dan memeriahkan pertemuan ini. Mereka berasal luar kota Ponorogo, termasuk kawasan kepulauan seperti Jambi, Riau, Bali dan lainnya. 


Atas antusias peserta, Choirul Anam selaku Ketua Ikatan Alumni Darul Huda (Ikadha) Pusat menyampaikan terima kasih. Menurutnya, kemeriahan acara juga karena dukungan berbagai kalangan.


"Dihaturkan terima kasih atas kehadiran para alumni dari berbagai daerah, dan kepada yang belum bisa hadir semoga tahun depan dapat hadir menyemarakkan," katanya pada NU Online Jatim.


Menurutnya, banyak manfaat yang dapat diambil dari peringatan haul ke-19 KH Hasyim Sholeh ini. Karena acara yang bertepatan dengan 18 Syawal 1443 H tersebut sebagai sarana silaturahim. Juga kemanfaatan lain dapat dirasakan.


“Kami mengajak para alumni kompak menyambung kedekatan batin. Acara akbar ini selain memperingati haul KH Hasyim Sholeh, juga menjaga kekompakan para alumni dalam menjaga rabithah bathiniyah alumni dengan pondok pesantren," jelasnya.


Malam puncak kegiatan haul menghadirkan KH Lukman Haris Dimyati selaku Pengasuh Pondok Pesantren Tremas, Pacitan. Juga KH Abdul Qoyyum Mansur Mansyur, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur, Lasem, Rembang sebagai penceramah.  


Sedangkan KH Abdus Sami' sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak berpesan agar meniatkan ngaji malam puncak haul ini untuk menambah ilmu. Karena manfaatnya dapat dijadikan bekal untuk pribadi dan keluarga.


"Kita niati nambah ilmu, mengke kondor damel oleh-oleh kita sedoyo, pribadi lan keluarga sedoyo, sareng sareng ta'abbudan mareng Gusti Allah," katanya.


Editor:

Matraman Terbaru