• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Malang Raya

Suka Cita Nahdliyin di Malang Shalat Tarawih Jamaah di Masjid

Suka Cita Nahdliyin di Malang Shalat Tarawih Jamaah di Masjid
Ilustrasi Shalat Tarawih berjamaah di masjid. (Foto: NU Online)
Ilustrasi Shalat Tarawih berjamaah di masjid. (Foto: NU Online)

Malang, NU Online Jatim

Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah umat Muslim berbondong-bondong beribadah ke masjid atau mushala, termasuk pula melaksanakan shalat tarawih. Pelaksanaan shalat tarawih di Masjid Darussalam, Dusun Mbodosari, Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang beberapa hari ini tampak ramai dan suka cita.


Ketua Takmir Masjid Darussalam, Imam Hariadi mengatakan bahwa pihaknya merasa senang dan bahagia atas kelonggaran aturan dalam pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan 1443 Hijriyah ini.


"Alhamdulillah, tahun ini kita sebagai umat Muslim bisa melakukan ibadah dengan senang hati, karena sudah ada kelonggaran untuk beribadah. Kalau tahun lalu masih ada keraguan karena adanya pembatasan," kata Imam Hariadi kepada NU Online Jatim, Selasa (05/04/2022).


Ia menjelaskan, kegiatan di Masjid Darussalam selama bulan Ramadhan di antaranya tadarus Al-Qur'an, Ngaji Subuh yang diasuh oleh KH Nur Yasin, Kultum Ramadhan seusai Sahalat Tarawih setiap malam Ahad, dan lain sebagainya.


"Mudah-mudahan wabah yang selama ini melanda negeri ini bisa diangkat oleh Allah SWT. Sehingga, kita bisa beribadah dengan penuh kegembiraan dan kedamaian," harap Imam.


Sementara itu, Zaini Wahyudi salah satu imam Shalat Tarawih bersyukur karena bisa melaksanakan ibadah tarawih berjamaah di masjid atau mushala lagi. "Alhamdulillah, perlu kita syukuri bersama karena saat ini bisa melaksanakan ibadah tarawih lagi," tuturnya.


Wahyudi mengaku bahagia di masa-masa bulan Ramadhan seperti saat ini. Hal tersebut karena jamaah yang shalat di masjid cukup banyak. “Hal ini selaras dengan sabda Nabi Muhammad SAW: Barang siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka,” ungkapnya.


Ia berharap agar seluruh umat Muslim bisa menuntaskan Ramadhan 1443 Hijriyah dengan beribadah secara terus menerus. “Semoga ibadah kita tuntas satu bulan penuh, baik puasanya, menjaga lisannya, menata hatinya, dan lain sebagainya," katanya.


Terpisah, Lukman Humaidi, salah seorang warga setempat juga mengucapkan syukur karena bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan suka cita.


​​​​​​​"Alhamdulillah, kita bisa melaksanakan ibadah Ramadhan tahun ini. Semoga seluruh umat Muslim diberikan kesehatan dan diberikan kesempatan untuk menuntaskan ibadahnya,” tandasnya.


Malang Raya Terbaru