• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Matraman

Ansor Nganjuk Siapkan Ratusan Kader Melek Digital

Ansor Nganjuk Siapkan Ratusan Kader Melek Digital
Pelaksanaan Ngaji Cyber bertajuk 'Optimalisasi IT Ansor Cyber Troop dalam Gerakan Peta Media' oleh PC GP Ansor Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Pelaksanaan Ngaji Cyber bertajuk 'Optimalisasi IT Ansor Cyber Troop dalam Gerakan Peta Media' oleh PC GP Ansor Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nganjuk terus meningkatkan kompetensi kader di ranah digital, yakni dengan menggelar Ngaji Cyber bertajuk 'Optimalisasi IT Ansor Cyber Troop dalam Gerakan Peta Media'. Kegiatan dipusatkan di Gedung Serbaguna Kujon Pengkol, Tanjunganom, Nganjuk, Ahad (16/01/2022).

 

"Kita jangan sampai tertinggal dalam urusan digital. Semuanya harus bisa dan berani mendobrak dan membuat sesuatu yang baru. Digitalisasi yang dulu sulit, hari ini menjadi gaya hidup baru," ungkap Ketua PC GP Ansor Nganjuk Moh Rifai.

 

Disampaikan Rifai, kecanggihan media dan kemudahan akses akan informasi dalam bentuk digital, menciptakan tantangan sekaligus peluang. Untuk itu, dirinya mengajak agar kader Ansor mempunyai keahlian digital, baik difungsikan secara kelembagaan atau digunakan untuk menghasilkan uang.

 

"Pengetahuan terkait digital skill bagi masing-masing kader dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti lunak TIK serta sistem operasi digital," imbuh alumnus Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri ini.

 

Prinsipnya, lanjut Rifa'i, digitalisasi seperti dua buah mata pisau, bisa dibutuhkan untuk apapun dan juga dapat melukai apapun. Dapat bermanfaat untuk pendidikan, keagamaan, ataupun ekonomi. Namun, terkadang dapat merugikan beberapa orang.

 

"Caranya kita harus memanfaatkan media digital dengan critical thinking secara optimal, kadang juga kita harus menerima masukan dari orang lain agar kita tetap waras dalam bermedia digital," sambungnya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua GP Ansor Nganjuk Bidang Cyber yang juga sebagai Ketua Panitia, Alwi Musthofa, menuturkan, acara dihadiri Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jatim Habib Mahdi Kheirid. 

 

Adapun materi pelatihan yang diberikan kepada peserta adalah orientasi literasi digital, gerakan media sosial, manajemen media sosial, jurnalistik dan desain grafis.

 

"Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta perwakilan masing-masing kecamatan. Dimulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 23.00 WIB dan dilanjutkan dengan pembaiatan," pungkasnya.


Matraman Terbaru