• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Matraman

Pemuda NU Ditekankan Berani Berkiprah dan Punya Semangat Juang

Pemuda NU Ditekankan Berani Berkiprah dan Punya Semangat Juang
Wakil Ketua PC MDS Rijalul Ansor Kabupaten Blitar Gus Iqdam Cholid. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Wakil Ketua PC MDS Rijalul Ansor Kabupaten Blitar Gus Iqdam Cholid. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Majelis Dzikir Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Blitar Gus Arda Billy menjelaskan, bahwa peran MDS Rijalul Ansor ialah untuk mewadahi para pemuda agar istiqamah mengaji, sehingga akidah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah tetap terjaga. 

 

Penekanan ini disampaikan saat rutinan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Ponggok, di Masjid Al-Inaroh, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jumat (14/01/2022).

 

Gus Billy menerangkan, bahwa pemuda saat ini jangan hanya berdiam diri saja, jangan hanya pasrah dan ‘gandolan’ sarungnya kiai. Tetapi harus berani bertarung sekaligus berkiprah dan menempati posisi strategis.

 

“Agar nanti mereka yang tidak sehaluan tidak mendapatkan ruang untuk berkiprah,” ujarnya.

 

Sependapat dengan Gus Billy, Wakil Ketua PC MDS Rijalul Ansor Kabupaten Blitar Gus Iqdam Cholid mengungkapkan, bahwa sangat luar biasa apabila pemuda saat ini mampu menempati posisi yang strategis.

 

“Seperti yang dijelaskan oleh Syaikh Mustofa Al-Gholayain dalam Kitab Idhotun Nasyiin, yang berarti ‘Sesungguhnya pada tangan-tangan pemudalah urusan umat dan pada kaki-kaki merekalah terdapat kehidupan umat’,” terangnya.

 

Namun sebaliknya, lanjutnya, jika pemuda tidak semangat mengaju dan cenderung tidak serius, maka kehancuran peradaban manusia tidak dapat dielakkan.

 

“Jika hanya bersenang-senang saja, maka dengan mudah negara ini akan hancur,” jelas Gus Iqdam.

 

Maka dari itu, diharapkan pemuda saat ini, terutama GP Ansor harus trengginas seperti singa yang gagah berwibawa. Berani mengambil resiko apapun dan memiliki semangat juang yang tinggi untuk kebaikan umat. 

 

“Sebab, jika pemuda memiliki semangat juang yang tinggi maka umat akan sejahtera,” tandasnya.


Matraman Terbaru