• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Matraman

Ansor Trenggalek Gelar Apel hingga Vaksinasi di Tepi Pantai

Ansor Trenggalek Gelar Apel hingga Vaksinasi di Tepi Pantai
PC GP Ansor Trenggalek menggelar apel satu komando di tepi pantai Watulimo. (Foto: Istimewa)
PC GP Ansor Trenggalek menggelar apel satu komando di tepi pantai Watulimo. (Foto: Istimewa)

Trenggalek, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Trenggalek menggelar apel kesetiaan anggota Ansor dan Banser di tepi pantai Watulimo, Jumat (11/03/2022). Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan vaksinasi.
 

Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Agus M Izuddin Zakki menuturkan, apel ini merupakan bentuk respons atas framing terhadap Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas oleh sejumlah pihak.
 

"Karena statemennya yang memang demi kemaslahatan, maka Ansor-Banser Trenggalek masih solid dan kompak satu komando untuk melawan mereka. Kali ini juga kita barengkan dengan vaksinasi baik 1,2, 3 atau booster bagi yang belum," kata Gus Zakki.
 

Menurutnya, di Jawa timur kebetulan belum ada yang bersikap secara nyata, namun masih bersikap di medsos. Sehingga Ansor Trenggalek bertemu menyatukan komitmen apel kesetiaan secara langsung dan menyatakan ikrar kesetiaan bersama-sama.
 

Dikatakan Gus Zakki, edukasi dan literasi perlu dibangun agar tidak terjadi salah faham. Pertama perihal adzan yang diatur adalah bagaimana penggunaan toa. Gus Yaqut sebagai Menteri Agama (Menag) tidak mengatur masalah pelarangan adzan.
 

"Dari dulu sudah diatur penggunaan toa ini agar tidak mengganggu. Karena kita tahu bagaimana masjid itu berlomba-lomba menggunakan toa," imbuhnya.
 

Baginya, pernyataan-pernyataan Menag tidak ada yang membandingkan hal-hal adat atau yang jelek, hanya dalam konteks kebisingan-kebisingan terjadi di suatu komplek.
 

"Kita juga tahu bahwa Gus Menteri ini adalah putra dari KH Cholil Bisri yang merupakan putra dari KH Bisri Musthofa pengarang Kitab Ibris, kealimannya tidak usah diragukan," ungkapnya.
 

Gus Zakki menambahkan, perihal ke-NU-an Gus Menteri juga tidak bisa diragukan. Sehingga tidak mungkin Menag berkata serendah seperti framing sejumlah pihak.
 

Selain apel kesetiaan, Ansor Trenggalek juga sekaligus vaksinasi. Di mana diperuntukkan kepada anggota Ansor Banser baik dosis kedua maupun dosis ketiga, serta warga sekitar yang membutuhkan. 
 

 

"Vaksin ready, peserta datang mau vaksin atau masyarakat yang ingin vaksin yang disupport oleh Polres Trenggalek," pungkasnya. 


Editor:

Matraman Terbaru