• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Matraman

Bupati Jombang Ajak Manfaatkan Ramadhan dengan Kegiatan Positif

Bupati Jombang Ajak Manfaatkan Ramadhan dengan Kegiatan Positif
Mundjidah Wahab, Bupati Jombang. (Foto" NOJ/Syaifullah)
Mundjidah Wahab, Bupati Jombang. (Foto" NOJ/Syaifullah)

Jombang, NU Online Jatim

Ada yang berbeda dari Ramadhan kali ini dengan sebelumnya. Karena dua tahun terakhir, Covid-19 menyebar yang membuat kegiatan masyarakat harus dibatasi. Dengan dibebaskannya warga melakukan aktivitas, maka hendaknya diisi kegiatan positif.


“Bukti syukur kita atas dilonggarkannya kegiatan masyarakat termasuk umat Islam dalam mengisi Ramadhan yakni dioptimalkan dengan hal positif,” kata Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, Sabtu (09/04/2022) petang.


Penegasan itu disampaikan bupati usai hadir pada peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H yang diselenggarakan Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh (MAUWH), Tambakberas, Jombang. Kegiatan dipusatkan di halaman madrasah setempat.


Disampaikan perempuan yang juga Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Jombang tersebut, bahwa banyak hal yang dapat dilakukan saat ini. Apalagi kegiatan yang sebelumnya tidak diperkenankan karena penyebaran Covid-19.


“Saat ini sudah mulai dilakukan pelonggaran kegiatan masyarakat, karenanya manfaatkan kesempatan tersebut dengan lebih optimal. Yang dapat dilakukakn adalah dengan beribadah, termasuk kepedulian sosial,” terangnya.


Dijelaskan bupati, bahwa kesempatan ada di bulan Ramadhan merupakan waktu istimewa. Karenanya, jangan sampai waktu yang demikian penting tersebut hanya berlalu begitu saja tanpa melakukan hal-hal positif.


“Bentuknya bisa dengan ibadah seperti shalat tarawih, tadarus, i’tikaf dan sejenisnya. Yang juga tidak kalah penting adalah memberikan perhatian kepada mereka yang kurang beruntung,” ungkap putri pahlawan nasional, KH Abd Wahab Chasbullah ini.


Kepedulian sosial hendaknya terus diupayakan selama Ramadhan. Apalagi hingga kini, imbas dari penyebaran Covid-19 membuat perekonomian warga masih tersendat. Tidak sedikit warga yang belum bisa bangkit setelah perekonomiannya terpuruk.


“Dalam keadaan seperti ini, sudah selayaknya mereka yang diberikan kelapangan rejeki untuk melirik tetangga sebelah maupun siapa saja yang belum beruntung,” ungkapnya.


Pantauan media ini, kegiatan juga diikuti pimpinan MAUWH dan beberapa tokoh. Tampak bergabung, anggota DPR RI, Ema Umiyyatul Chusnah dan Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Jawa Timur, H Ahmad Silahuddin atau Gus Adi. Sejumlah fakir miskin dan dhuafa yang merupakan warga sekitar madrasah juga hadir dan menerima bingkisan. Acara dipungkasi dengan buka puasa bersama.


Matraman Terbaru