• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Matraman

Fatayat NU di Madiun Santuni Warga Lereng Gunung Wilis

Fatayat NU di Madiun Santuni Warga Lereng Gunung Wilis
Santunan yang dilakukan PAC Fatayat NU Dagangan Kabupaten Madiun, Jumat (10/09/2021). (Foto: NOJ/ Mirna).
Santunan yang dilakukan PAC Fatayat NU Dagangan Kabupaten Madiun, Jumat (10/09/2021). (Foto: NOJ/ Mirna).

Madiun, NU Online Jatim

Jumat berbagi merupakan program unggulan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Kegiatan sosial kali ini untuk membantu masyarakat yang ekonominya masih terbatas di lereng Gunung Wilis.

 

Neneng Elok Faiqoh selaku ketua PAC Fatayat NUKecamatan Dagangan menerangkan bahwa pihaknya membuat program Jumat berbagi untuk meringankan masyarakat yang kurang mampu terutama di masa pandemic Covid-19.

 

Neneng sapaan akrabnya berharap dengan adanya program Jumat berbagi, PAC Fatayat NU Dagangan akan semakin solid dan berkembang. Serta semakin terjalinnya silaturahim dengan ranting-ranting.

 

"Semoga kegiatan Jumat berbagi dapat terus berkembang dan tetap istiqamah menyalurkan amanah dari para donatur, sehingga dapat terus dijalankan secara rutin," terang Neneng. 

 

Terpisah, Ayuk Eka Rahayu selaku Ketua Tim Pelaksana Jumat berbagi juga turut bersyukur atas berlangsungnya program ini.

 

"Alhamdulillah program ini sampai sekarang mengalami perkembangan, mulai dari para donatur yang tidak hanya dari lingkup Fatayat saja melainkan dari masyarakat umum. Selain itu PAC Fatayat Kecamatan Dagangan juga memiliki chanel sahabat Fatayat di luar negeri sehingga sangat membantu dalam penggalangan donasi Jumat berbagi," kata Ayuk. 

 

Kegiatan  Jumat berbagi ini disalurkan di desa-desa se-Kecamatan Dagangan melalui 15 Pimpinan Ranting(PR) Fatayat secara bertahap. Dengan distribusi 15 paket sembako dan sayuran segar di setiap desa. 

 

Pada hari ini Jumat (10/09/2021), program Jumat berbagi yaitu di Desa Padas. Waktu yang cukup lama untuk bisa sampai ke lokasi yaitu sekitar 20-30 menit, serta medan jalan yang berlika-liku dan cukup curam tidak melunturkan semangat anggota Fatayat dalam menjaga konsistensi kegiatan Jumat berbagi. Supaya dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar lereng gunung Wilis.

 

Selain disalurkan oleh pengurus PAC dan ranting Fatayat, kegiatan Jumat berbagi juga mendapat apresiasi dari pengurus Muslimat desa setempat yang turut membantu penyaluran donasi.

 

Ayuk selaku ketua tim jumat berbagi juga berharap agar ke depannya dapat terjalin silaturahim yang semakin baik antara pengurus PAC dan Ranting Fatayat.

 

 

“Selain untuk menyalurkan donasi, tujuan dari terjun langsung ke lokasi yaitu untuk menjalin silaturahim dengan ranting Fatayat yang berada di desa tersebut. Dengan harapan dapat menjalin hubungan baik antara PAC dengan ranting juga bisa mengajak ibu-ibu muda untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Fatayat," kata Ayuk.

 

Penulis: Nur'aini Hamidah

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru