• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 24 Februari 2024

Matraman

MUSKERWIL NU JATIM

Hadiri Muskerwil, Menteri Perdagangan Ingatkan Jasa Besar Kiai Kampung

Hadiri Muskerwil, Menteri Perdagangan Ingatkan Jasa Besar Kiai Kampung
MenPANRB dan Mendag RI di acara Muskerwil PWNU Jatim. (Foto: NUJ/M Khoirus S)
MenPANRB dan Mendag RI di acara Muskerwil PWNU Jatim. (Foto: NUJ/M Khoirus S)

Nganjuk, NU Online Jatim

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) H Azwar Anas dan Menteri Perdagangan (Mendag), H Zulkifli Hasan turut menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) NU Jawa Timur. Kegiatan ini dipusatkan di Pondok Pesantren Mojosari, Nganjuk, Sabtu (24/12/2022). 


H Zulkifli Hasan mengatakan memiliki kedekatan kultural dengan NU. Ia bercerita bahwa di kampung halamannya selalu melakukan tradisi NU. Bahkan, Zulkifli mengaku banyak berguru terhadap kiai-kiai NU selama di kampung. 


"Di kampung kami selalu tahlilan dan shalawatan, dan setelah saya renungi itulah yang menjaga kita,” katanya di hadapan para kiai dan peserta Muskerwil. 


Disampaikannya betapa kiai menjaga umatnya sangat luar biasa. Bahkan dirinya meyakini tanpa hadirnya para kiai kampung, kemungkinan dirinya tidak ada. 


Sedangkan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar menyambut hangat sang menteri. Termasuk menyatakan bahwa yang bersangkutan termasuk kiai.


"Sungeng rawuh Gus Anas dan Mendag Pak Zulkifli Hasan. Pak Zulkifli Hasan ini kiai juga kalau di Lampung. Ahlan wasahlan," katanya.


Kiai Marzuki mengatakan, seluruh jamaah yang hadir menjadi bukti nyata rasa cinta terhadap para ulama. Menurutnya, jika beriman dan bertakwa maka akan digiring menuju surga. 


"Kehadiran semua menjadi bukti bahwa kita bersama ulama. Dan dengan bersama ulama meskipun kita pernah maksiat, meskipun kita pernah dosa, dan meskipun kita pernah salah tetap ditakdirkan masuk surga. Ada dalil yang mengatakan 'Mereka yang beriman dan bertakwa kelak digiring menuju surga secara rombongan'," terangnya. 


Secara khusus, Kiai Marzuki meminta kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) H Azwar Anas. Yakni agar guru pegawai negeri untuk tidak dipindahkan ke sekolah negeri. Menurutnya, sekolah swasta juga memerlukan guru-guru profesional.


"Jangan memindah seluruh guru PNS ke sekolah negeri. Belajar di sekolah swasta, yang mengkader lembaga swasta, berlatih di lembaga swasta, setelah jadi profesional dinegerikan lalu diambil," terangnya.


Muskerwil diikuti perwakilan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulamna (PCNU) se-Jatim ini juga dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, ketua partai se-Jatim, dan Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.


Editor:

Matraman Terbaru