• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Matraman

PCNU Nganjuk Siap sebagai Tuan Rumah Muskerwil NU Jatim

PCNU Nganjuk Siap sebagai Tuan Rumah Muskerwil NU Jatim
Rapat pembentukan panitia lokal Muskerwil NU Jatim (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Rapat pembentukan panitia lokal Muskerwil NU Jatim (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Pondok Pesantren Mojosari, Loceret, Nganjuk ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) NU se-Jawa Timur yang digelar pada Desember mendatang. Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk, KH Ali Musthofa Said menyatakan siap menyediakan segala sarana dan pra sarananya.

 

Muskerwil merupakan satu dari banyak rangkaian kegiatan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim dalam rangka menyongsong 1 Abad NU. Hal itu diungkapkan Kiai Ali dalam rapat pembentukan panitia lokal, Kamis (07/07/2022) di kantor PCNU setempat.

 

“Dalam hal sarana dan prasarana serta fasilitas kami siap menyelenggarakan Muskerwil NU Jawa Timur,” ujarnya.

 

Kiai Ali menuturkan, penunjukan Pesantren Mojosari sebagai lokasi Muskerwil bukan tanpa alasan, sebab Pondok Pesantren Mojosari merupakan salah satu pesantren tua yang usianya hampir 3 abad. Diketahui KH A Wahab Hasbullah dan KH Djazuli Usman Ploso dan ulama besar lainnya pernah nyantri di Mojosari yang kala itu diasuh oleh KH Zainudin bin Mukmin, seorang Kiai yang terkenal dengan kealiman dan karamahnya.

 

Di masjid pondok tersebut, para Kiai NU juga pernah merumuskan perlawanan DI/TII melalui bahtsul masail pada awal tahun 1950-an.

 

“Energi sejarah muassis NU sangat kental dengan pondok pesantren Mojosari,” tutur Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Nganjuk tersebut.

 

Disampaikan alumnus Pondok Pesantren Lirboyo Kediri tersebut, pelaksanaan Muskerwil NU Jatim di Pondok Pesantren Mojosari menjadi momentum bangkitnya semangat khidmat pengurus. Dirinya mengajak kepada seluruh panitia untuk melaksanakan dengan baik amanah yang didapatkan.

 

“Ini adalah kepercayaan sekaligus tantangan, semoga kita dapat melaksanakan dengan baik,” harapnya.

 

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Mojosari yang sekaligus terpilih sebagai Ketua Panitia, KH Agus Halim Al-Farobi mengatakan, pihaknya akan menjalin komunikasi dan kerjasama dengan beberapa stakeholder seperti Pemkab Nganjuk, DPRD, Polres, Kodim dan seluruh lembaga serta banom NU demi penyamaan visi dan misi atas suksesnya atas pelaksanaan Muskerwil.

 

"Kami berharap mukserwil nanti lancar dalam pelaksanaannya," terangnya.

 

Diketahui, agenda muskerwil PWNU Jatim nantinya akan mengevaluasi program yang sudah dijalankan dan akan menyusun program setahun kedepan. Selain itu juga terdapat forum bahtsul masail yang akan membahas seputar persoalan kekinian di masyarakat.


Matraman Terbaru