• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Matraman

Harlah Ke-99 NU

Jelang Puncak Harlah Ke-99, PCNU Nganjuk Ziarah ke Makam Muassis

Jelang Puncak Harlah Ke-99, PCNU Nganjuk Ziarah ke Makam Muassis
PCNU Nganjuk saat melaksanakan ziarah muassis dalam rangka Harlah ke-99 NU. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
PCNU Nganjuk saat melaksanakan ziarah muassis dalam rangka Harlah ke-99 NU. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk menggelar ziarah muassis dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-99 Nahdlatul Ulama pada Ahad (13/02/2022). Hal itu dilakukan guna mensyukuri nikmat atas berdirinya NU dan memanjatkan doa menjelang satu abad NU.

 

“Sebagai sarana untuk memanjatkan doa, serta wujud syukur atas tegaknya organisasi yang didirikan oleh para masayikh kita pada tahun 1926 ini,” ujar Sekretaris PCNU Nganjuk, Moh Ali Anwar kepada NU Online Jatim.

 

Dijelaskan, bahwa acara ini diikuti oleh seluruh pengurus PCNU Nganjuk dan 20 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Nganjuk. Tak lupa, perwakilan pimpinan lembaga dan banom NU juga turut serta dalam acara ini.

 

“Sekitar 80 orang dan insyaallah sehat semua. Kita selalu menjaga protokol kesehatan (prokes) di tempat acara demi keamanan bersama dan kelancaran acara,” imbuhnya.

 

Ia menyampaikan, rombongan memulai perjalanan pukul 09.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Rute dimulai dari makam KH Dahlan Abdul bin Qohar Kertosono, dilanjutkan ke Pesantren Tebuireng, Jombang guna menziarahi Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, KH Salahuddin Wahid, dan keluarga lainnya.

 

“Usai dari Tebuireng kita lanjut ke makam mbah KH Wahab Chasbullah di Tambakberas, dan berakhir di makam KH Bisri Syansuri di Denanyar,” terangnya.

 

Doktor lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang ini menerangkan, peringatan Harlah NU diawali dengan momentum masehi pada 31 Januari 2022, dan diakhiri dengan puncak peringatan Harlah dalam hitungan hijriyah pada 16 Februari 2022 mendatang.

  

Adapun rangkaian acara peringatan harlah NU dilakukan PCNU Nganjuk yaitu, NU Award, Peluncuran BMTNU dan Media Center, Ziarah Muassis (Nganjuk-Jombang), dan beberapa kegiatan lainnya, seperti pemasangan banner Harlah, hingga pemasangan 99 juta bendera NU serentak.


Matraman Terbaru