• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Matraman

PCNU Nganjuk Siapkan Program Sedekah Sampah untuk Nahdliyin

PCNU Nganjuk Siapkan Program Sedekah Sampah untuk Nahdliyin
PCNU Nganjuk mengunjungi pabrik pengolahan limbah untuk persiapan program Sedekah Sampah. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
PCNU Nganjuk mengunjungi pabrik pengolahan limbah untuk persiapan program Sedekah Sampah. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Beragam cara dapat dilakukan untuk bisa bersedekah, salah satunya melalui sampah. Seperti yang dilakukan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk yang tengah menyiapkan program Sedekah Sampah dengan mengunjungi salah satu pabrik pengolahan limbah sampah di Nganjuk.

 

“Sudah ada yang berjalan. Program kita nanti mekanismenya orang-orang memberikan sampahnya ke kita, lalu hasil penjualan sampah tersebut digunakan untuk kemandirian NU secara jamiyyah dari tingkat ranting hingga ke cabang,” ungkap Subhan Shafwan, Wakil Ketua PCNU Nganjuk kepada NU Online Jatim, Rabu (02/02/2022).

 

Terkait hal ini, Subhan menyampaikan pihaknya telah menyiapkan langkah strategis untuk menjalankan program sedekah sampah. Ia juga bersama beberapa lembaga PCNU Nganjuk untuk menangani program ini.

 

“Tim kita ada banyak diantaranya Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU), Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), dan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU),” jelasnya.

 

Untuk sampah yang disedekahkan, ia mengatakan dapat berupa botol plastik bekas air mineral, gelas plastik dan kresek. Syaratnya sampah plastik tersebut bersih dari sampah organik lalu dimasukkan ke keranjang yang tersedia.

 

"Kita akan lakukan MOU dengan pabrik. Sehingga sampah dari warga NU, tidak sampai mandek," tutur alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

 

Dirinya berharap gerakan sedekah sampah diharapkan bisa menjadi salah satu program unggulan khususnya warga nahdliyin di Kabupaten Nganjuk. Gerakan sedekah sampah berbasis jamiyyah ini rencananya akan sosialisasikan ke seluruh desa se-Kabupaten Nganjuk.

 

“Semoga gerakan bisa membangun partisipasi peduli lingkungan yang sangat baik di masyarakat Kabupaten Nganjuk,” pungkasnya.


Matraman Terbaru