• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Matraman

PCNU Nganjuk Kini Punya Media Center, Ini Kelebihannya

PCNU Nganjuk Kini Punya Media Center, Ini Kelebihannya
Studio penyiaran Media Center NU Nganjuk dipakai untuk diskusi. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Studio penyiaran Media Center NU Nganjuk dipakai untuk diskusi. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk kini mempunyai media center. H Subhan Shafwan, Wakil Ketua PCNU Nganjuk, sekaligus koordinator, mengatakan diluncurkannya media center tersebut diharapkan dapat mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat khususnya Nahdliyin melalui pelayanan informasi dan komunikasi.
 

“Tentu bagaimana media center ini nanti juga bisa menyampaikan nilai-niai keaswajaan bagi warga NU dan masyarakat luas,” ungkap Subhan saat ditemui NU Online Jatim, Rabu (23/02/2022).
 

Alumnus Universitas Islam negeri (UIN) Sunan Kalijaga itu menyebut, saat ini NU bukan hanya sebagai pemilik ormas terbesar dalam skala nasional saja, namun juga membuktikan bahwa ormas yangt sebentar lagi memasuki usia seratus tahun ini adalah ormas terbesar di dunia.
 

Oleh karenanya, transfigurasi dan penambahan harakah dari tradisi kepada digitalisasi sangat penting dilakukan agar dakwah nahdliyah dapat tersampaikan. Ia meyakini pelan tapi pasti, NU bukan hanya akan menghijaukan Indonesia saja, namun juga dunia.
 

“Selain digunakan untuk menghimpun, mengolah, menyediakan, dan menyeberluaskan informasi PCNU Nganjuk kepada masyarakat khususnya Nahdliyin, media center ini dapat menampung umpan balik dari warga NU terhadap program yang dijalankan,” katanya.
 

Adapun di dalamnya, lanjut Subhan, terdapat tiga divisi. Pertama, broadcasting atau penyiaran. Kedua, divisi pemberitaan, dan ketiga, divisi Sistem Informasi Strategis Nahdlatul Ulama (SISNU) sebagai induk database warga nahdliyin di Kabupaten Nganjuk.
 

“Dalam SISNU nanti akan tercatat potensi dari warga nahdliyin melalui sensus. Dengan demikian bisa diketahui jumlah keseluruhan NU, asetnya, potensi yang dimiliki, profesinya, status ekonomi dan lain-lain,” sambungnya.
 

Lebih lanjut Subhan menuturkan, Media Center PCNU Nganjuk membuka kesempatan kepada kader NU yang memiliki potensi. Selain itu ia juga membuka pintu-pintu kerjasama atau kemitraan dengan instansi pemerintahan atau lembaga dalam mewujudkan keberhasilan lintas sektor.
 

“Kami siap bekerjasama dengan instansi pemerintah dan lembaga dalam penyampaian informasi kepada masyarakat,” pungkasnya.


Matraman Terbaru