• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

IPNU-IPPNU di Pacitan Rekrut Pendekar

IPNU-IPPNU di Pacitan Rekrut Pendekar
Kegiatan Makesta yang dilaksanakan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. (Foto: NOJ/ Risalatul Muawanah).
Kegiatan Makesta yang dilaksanakan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. (Foto: NOJ/ Risalatul Muawanah).

Pacitan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan mengenalkan organisasinya kepada para pendekar, Kamis (17/ 12/ 2020). Proses rekrutmen ini sebagaimana aturan organisasi melalui kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang merupakan jenjang kaderisasi pertama di IPNU-IPPNU.

 

Acara yang digelar sejak tanggal 16 hingga 17 Desember 2020 ini dilaksanakan di Gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) Insan Madani Pakis Baru. Berbeda dengan Makesta pada umumnya, kegiatan ini khusus merekrut peserta dari Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia (GASMI) dan Persatuan Pencak Silat Nurul Huda Pertahanan Kalimat Syahadat (NH Perkasya) Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan.

 

"Perlu kami sampaikan bahwa, Makesta kali ini memang hanya untuk internal Kecamatan Nawangan dan dikhususkan untuk pelajar yang mengikuti pencak silat," kata Eko Haryono, Ketua PAC IPNU Nawangan.

 

Makesta ini mengangkat tema "Mencetak Kader yang Sejuta (Setia, Jujur dan Taqwa) untuk Keberlangsungan Organisasi NU dalam Mengukuhkan NKRI". Pemilihan tema tersebut karena semangat pengukuhan NU dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) oleh kader-kader yang bertaqwa dengan paham Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah.

 

 

"Perlu adanya dukungan dari kalian untuk organisasi ini dan untuk NKRI. Kalian penerus perjuangan para ulama harus semangat dalam berproses. Jangan hanya berhenti di Makesta, karena hari ini adalah awal dari sebuah perjuangan," ungkap Dwi Nur Cahyono, Pembina PAC IPNU-IPPNU Nawangan.

 

Penulis: Risalatul Muawanah

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru