• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 4 Februari 2023

Matraman

Khitan Gratis LAZISNU se-Nganjuk selama Maulid Diikuti Ratusan Anak

Khitan Gratis LAZISNU se-Nganjuk selama Maulid Diikuti Ratusan Anak
Pelaksanaan khitan massal gratis yang dilaksanakan LAZISNU Nganjuk selama bulan Maulid. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Pelaksanaan khitan massal gratis yang dilaksanakan LAZISNU Nganjuk selama bulan Maulid. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Capaian peserta khitan massal gratis yang dilaksanakan NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) se-Kabupaten Nganjuk pada Rabiul Awal 1444 Hijriyah terbilang luar biasa, yakni mencapai 115 anak. Perolehan itu naik cukup signifikan dibanding bulan Islam pada tahun-tahun sebelumnya.


Total biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan program khitan massal gratis dalam satu bulan tercatat sebesar Rp57,5 juta. Dana tersebut bersumber dari kolaborasi kas Gerakan Koin NU Peduli tingkat Desa, LAZISNU Kecamatan dan LAZISNU Nganjuk yang diselenggarakan di masing-masing kecamatan.


“Antusiasme peserta khitan pada bulan Rabiul Awal atau Maulid ini mengalami peningkatan cukup signifikan, artinya LAZISNU semakin dipercaya dan dicintai oleh masyarakat,’’ kata Ketua NU Care-LAZISNU Nganjuk Moch Masyhuri kepada NU Online Jatim, Senin (01/11/2022).


Kang Huri, sapaan akrabnya menyampaikan, kegiatan khitan massal gratis ini dapat terselenggara dengan baik berkat dukungan dan donasi dari para dermawan yang diberikan lewat LAZISNU. Selain itu pula, didukung fasilitas tenaga medis yang berkualitas dari Lembaga Kesahatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan mitra, sehingga peserta yang dikhitan dapat cepat pulih dan beraktivitas seperti semula.


Ia menambahkan, LAZISNU Nganjuk siap jika sewaktu-waktu ada masyarakat dhuafa yang ingin mengkhitankan putranya. “Jika lebih dari lima anak kita yang datang ke lokasi. Namun kalau di bawah lima anak akan dikhitan di tempat tenaga medis mitra LAZISNU Nganjuk. Setelah dikhitan anak-anak akan mendapatkan paket souvenir plus uang saku dari LAZISNU,” ucapnya.


Program khitanan massal gratis tersebut, lanjut alumnus Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ula (STAIM) itu, adalah bukti komitmen NU Care-LAZISNU se-Kabupaten Nganjuk dalam memberikan layanan secara menyeluruh. Ia berharap masyarakat semakin merasakan kehadiran LAZISNU dan para donatur mantap memilih LAZISNU sebagai mitra berbagi.


“Mudah-mudahan program ini kedepan dapat konsisten, sehingga dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu.


Sebagai informasi, bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk yang akan mendaftarkan putranya bisa menghubungi kontak person 0852-5971-4774.


Matraman Terbaru