• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Matraman

Lagi, Bantuan bagi Penyintas Erupsi Semeru Diberikan Fatayat NU Nganjuk

Lagi, Bantuan bagi Penyintas Erupsi Semeru Diberikan Fatayat NU Nganjuk
Anggota Fatayat NU Nganjut bersama bocah-bocah penyintas erupsi Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Anggota Fatayat NU Nganjut bersama bocah-bocah penyintas erupsi Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Nganjuk menyelenggarakan aksi peduli bencana dengan memberikan bantuan sosial dan trauma healing kepada penyintas bencana alam erupsi Semeru di Lumajang pada Ahad  (27/03/2022).


"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PC Fatayat kepada NU Nganjuk kepada saudara - saudara kami di Kabupaten Lumajang yang terdampak bencana erupsi beberapa waktu lalu, dan juga salah satu kegiatan dalam rangkaian Harlah Fatayat NU yang ke-72” kata Muamanah, Ketua PC Fatayat NU Nganjuk.


Muamanah menjelaskan, ia dan rombongan melakukan perjalanan dari Nganjuk kurang lebih lima jam untuk sampai lokasi. Pemberangkatan dilakukan pada Sabtu pukul 10 malam dan tiba pukul tiga dini hari.


Lokasi pertama yang menjadi transit berada di basecamp Lumajang Idea. Kemudian dilanjutkan ke Kantor PCNU Lumajang untuk menjalin silaturahmi dan kunjungan.


“Alhamdulillah, para pengurus setibanya di sana mendapat sambutan yang sangat hangat dari PCNU dan Fatayat NU Lumajang,” sambung alumnus Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro, Nganjuk, tersebut.


Usai kunjungan, lanjut Muamanah, rombongan melanjutkan perjalanan untuk melaksanakan trauma healing di jalan Alun-Alun Timur tepatnya di RT.05 RW.06 dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.


​​​​​​​Muamanah menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut adalah meningkatkan motivasi anak-anak penyintas erupsi Semeru, mengingat usia mereka yang masih dibawah 15 tahun.


“Para pengurus memberikan 48 bingkisan kepada anak-anak tersebut dan tidak ketinggalan memberikan donasi untuk warga sekitar dusun tersebut agar mampu sedikit meringankan kebutuhan mereka,” terang Muamanah.


Selama penyaluran bantuan, Tim Bansos Fatayat NU Nganjuk berbaur dengan masyarakat yang turut membantu serta bergotong-royong menurunkan dan mengangkat barang bantuan dari dalam kendaraan.
 


Muamanah berharap kegiatan bakti sosial ini juga bisa berlanjut agar sinergitas Fatayat NU dan masyarakat bisa terus terjalin dengan baik. Agar warga terdampak erupsi Gunung Semeru penderitaannya teratasi dengan baik.


“Semoga bantuan dari kami bermanfaat bagi masyarakat terdampak erupski semeru,” harapnya.


Penulis: Irma Khoirun Nisa


Matraman Terbaru