• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

LTNNU Jatim Akan Gelar Konsolidasi Program hingga Literasi Digital

LTNNU Jatim Akan Gelar Konsolidasi Program hingga Literasi Digital
H Ahmad Karomi. (Foto: NOJ/Madchan)
H Ahmad Karomi. (Foto: NOJ/Madchan)

Trenggalek, NU Online Jatim
Dunia digital secara tidak langsung memiliki kelebihan yang harus ditangkap untuk kemudahan dan kepraktisan dalam hidup. Oleh karena itu, Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta'lif wan Nasr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jawa Timur bakal mengadakan  seminar literasi digital sekaligus konsolidasi LTN se-Jawa Timur besok, Selasa (26/07/2022).

 

Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) LTNNU Jawa Timur, H Ahmad Karomi menjelaskan acara tersebut akan dijadikan konsolidasi dalam rangka sinergi antara program yang dimiliki oleh LTNNU Jawa Timur. 

 

"Kita sekaligus mengenalkan program kerja kepada PC LTNNU dan LTN pesantren. Bisa jadi mereka akan tertarik dengan program milik LTNNU Jatim misalnya seperti Aspirasi, Kader Muallif, LTN Pustaka, asosiasi penerbit NU, Al Kimya Dirosah Virtual, literasi center, dan banyak lagi unit kerja yang dimiliki," katanya, Senin (25/07/2022).

 

Alumnus Al-Falah Ploso Kediri dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya ini menuturkan, sharing program kerja tersebut secara tidak langsung akan memunculkan harmonisasi antar LTNNU, baik tingkat PC maupun pesantren.

 

"Misalkan mereka yang ada di daerah Blitar atau Sidoarjo yang memiliki media silakan dikenalkan ke LTNNU Jatim. Sehingga bisa memberikan masukan atau mungkin akan bergabung mengembangkan program tersebut," tuturnya.

 

Disinggung perihal output yang diinginkan, pihaknya berharap ada komitmen terhadap program Lajnah Ta'lif wan Nasr lebih pada kesadaran akan pentingnya adaptasi turots di era media digital. Karena tema yang akan diusung besok adalah berkaitan dengan literasi digital turots pesantren.

 

"Kami berharap masing-masing PC LTNNU maupun LTN pesantren nanti akan memiliki kesadaran penuh dalam merawat turots. Bisa jadi, masing-masing bekerja sama dengan LTNNU Jatim di bidang ta'lif, terjemah, tahqiq, digitalisasi, atau katalogisasi. Selanjutnya bisa konservasi atau bagaimana cara merawat turots dengan baik," terangnya.

 

Acara tersebut bakal digelar pada Selasa (26/07/2022) mendatang di lantai 3 Aula  KH Hasyim Asyari PWNU Jawa Timur dimulai pukul 13.00.


Matraman Terbaru