• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Mengenal Tyo, Seniman Muda Lesbumi NU Nganjuk

Mengenal Tyo, Seniman Muda Lesbumi NU Nganjuk
Setyono Adi Nugroho atau Tyo, seniman termuda Lesbumi NU Nganjuk. (Foto: NOJ/M Nazar Afandi)
Setyono Adi Nugroho atau Tyo, seniman termuda Lesbumi NU Nganjuk. (Foto: NOJ/M Nazar Afandi)

Nganjuk, NU Online Jatim

Setyono Adi Nugroho atau Tyo merupakan anggota Lembaga Seniman Budayawan Muslim Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU) Nganjuk termuda. Di usianya yang menginjak 12 tahun, berkat minatnya dalam kesenian, ia ikut belajar bersama seniman di Lesbumi NU Nganjuk.

 

Tyo adalah seorang pelajar Kelas VI di SDN 3 Bagor, Nganjuk. Dirinya menyukai seni wayang, alat musik, pentas drama, dan perfilman. Bahkan, Tyo kini sedang ikut bimbingan qira'at, mengaji Al-qur’an, dan Bahasa Inggris.

 

“Saya merasa senang bergabung di Lesbumi NU Nganjuk, karena bisa belajar dan aktif dalam kesenian bersama para seniman yang lebih tua karena saya dapat banyak belajar dari mereka,” ujarnya saat ditemui NU Online Jatim, Sabtu (06/11).

 

Minatnya dalam dunia seni mulai terbentuk sejak awal masa pandemi Covid-19. Saat itu, ia yang merasa bosan belajar dalam jaringan (daring), kemudian memanfaatkan waktunya untuk belajar ilmu kesenian secara online.

 

Hingga akhirnya, Tyo pun mengikuti sejumlah ajang perlombaan bidang seni secara online. Pada waktu itulah, mulai mengenali seniman yang tergabung dalam Lesbumi NU Nganjuk.

 

“Saya pertama kali ketemu Lesbumi NU ini saaat ikut lomba macapat dan ngidung pada tahun 2020 lalu secara online,” kata Tyo, yang didampingi tantenya bernama Kyuk (51).

 

“Kemudian saya langsung diajak main drama dan film berjudul Sunan Kali Brantas hingga saat ini,” ungkapnya sambil tersenyum.

 

Semangat Tyo dalam kesenian layaknya muassis Lesbumi NU, Usmar Ismail. Seorang tokoh yang punya semangat karakter budaya bangsa yang punya jasa besar dalam membangun karakter nasional, utamanya dalam perfilman tanah air.

 

Kyuk mengatakan, Tyo juga belajar seni di Sanggar Asta Brata, di Jalan Mastrip, Ganung, Nganjuk. Di sanggar tersebut, Tyo punya banyak teman belajar kesenian.

 

“Kalau di Lesbumi NU Nganjuk, Tyo ini merupakan anggota termuda dan paling kecil,” terangnya.

 

Sementara itu, Ketua Lesbumi NU Nganjuk, Lukman Mustofa menyebutkan, bahwa Tyo merupakan generasi penerus Lesbumi NU Nganjuk. Meskipun, tidak termasuk Pengurus Cabang Lesbumi NU Nganjuk, keberadaannya cukup memberikan warna tersendiri di Lesbumi NU Nganjuk.

 

“Tyo ini sangat berbakat, ia merupakan generasi penerus di Lesbumi NU Nganjuk,” kata Lukman.


Matraman Terbaru