• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Matraman

Multaqo Akbar Sukses Digelar, MPJ Harap Media Pesantren Hadir di Seluruh Penjuru Negeri

Multaqo Akbar Sukses Digelar, MPJ Harap Media Pesantren Hadir di Seluruh Penjuru Negeri
Suasana Multaqo Akbar dan MPJ Fest di Pacitan. (Foto: NOJ/Dokumen MPJ)
Suasana Multaqo Akbar dan MPJ Fest di Pacitan. (Foto: NOJ/Dokumen MPJ)

Pacitan, NU Online Jatim

Perhelatan Forum Multaqo Akbar Media Pondok Jawa Timur (MPJ) sekaligus MPJ Fest 2023 di Pondok Al-Fattah Kikil Pacitan dan Pondok Tremas Pacitan sukses terlaksana. 

 

Ketua Umum MPJ Masa Khidmah 2021-2023, A. Tajudin Zahro’u mengungkap rasa syukur bahwa acara berjalan dengan lancar. Ia berharap selepas acara ini media-media pondok pesantren di seluruh penjuru Indonesia semakin massif.

 

"Kami berharap gerakan media pesantren bisa hadir di seluruh pelosok nusantara, dan segera lahir media pesantren pesantren lain. Hal itu sebagaimana misi MPJ yang sudah tertuang yaitu mendigitalisasi dakwah pondok pesantren hingga menyajikan konten yang sejuk dan Rahmatan lil ‘Alamin," ungkap A Tajudin Zahro'u kepada NU Online Jatim, Selasa (26/12/2023).

 

Sementara itu, salah satu panitia Multaqo Akbar dan MPJ Fest, Muhammad As'ad Faidl menjelaskan bahwa lomba-lomba MPJ Fest tahun ini di antarnya lomba komik pesantren, literasi sejarah pondok pesantren, film santri, dan fotografi pesantren.

 

As'ad sapaan akrabnya menjelaskan, MPJ Fest tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena bersamaan dengan peluncuran 'Gerakan Ayo Mondok' yang diprakarsai oleh Pengsuh Pondok Pesantren Tremas, KH Lukman Haris Dimyati.

 

"Selain itu, yang juga tak kalah spesial adalah peluncuran buku Bu Nyaiku. Buku tersebut merupakan tulisan para santri di MPJ Fest sebelumnya. Kurang lebih ada 295 halaman dari 33 pondok pesantren atau Bu Nyai di Jatim. Ditambah lagi MPJ juga meluncurkan aplikasi terbaru MPJ Aps," terangnya.

 

Selanjutnya untuk pengisi Talk Show ada Sastrawan Muslim, Candra Malik, Gus Zahrul Azhar Pondok Pesantren Queen Darul lum Jombang. Lalu General Manager Sosioloka, M Bahrul Ulum, Pemred NU Online, Savic Ali, serta Influencer Muslim Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Gus Ahmad Kafabihi.

 

"Sementara di hari terakhir, teman-teman ada pelatihan fotografi bersama Grantika yang dilaksanakan di pantai," ujarnya..

 

Santri Pondok Ngunut Tulungagung ini mengatakan bahwa antusiasme peserta luar biasa dengan mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir. Kurang lebih ada 400 peserta dari berbagai pesantren di Jawa Timur. Peserta dari berbagai regional datang mulai dari Surabaya, Lumajang, Jember, Turut hadir pula perwakilan dari Media Pondok Lampung.

 

"Alhamdulilah antusiasme peserta sangat luar biasa, walau lokasi Pondok Kikil atau Tremas di antara gunung Pacitan," tutupnya.


Matraman Terbaru