• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Matraman

Muskercab NU Ngawi Prioritaskan Tiga Hal Ini

Muskercab NU Ngawi Prioritaskan Tiga Hal Ini
Pembukaan Muskercab PCNU Kabupaten Ngawi, Sabtu (02/07/2022). (Foto: NOJ/ Dewi)
Pembukaan Muskercab PCNU Kabupaten Ngawi, Sabtu (02/07/2022). (Foto: NOJ/ Dewi)

Ngawi, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ngawi mengadakan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) ketiga pada Sabtu (02/07/2022). Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula pertemuan Rumah Makan (RM) Notosuman, Desa Watualang, Kecamatan/ Kabupaten Ngawi.


Kegiatan ini memprioritaskan tiga hal untuk menjadi landasan program selama setahun ke depan bagi PCNU Ngawi.


Hamdani, Ketua Panitia acara menuturkan bahwa kegitan tersebut diikuti oleh 150 peserta. "Kegiatan Muskercab ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari utusan 19 pengurus MWCNU di Kabupaten Ngawi, Ketua Lembaga dan Ketua Banom NU," ungkapnya saat menyampaikan sambutan.


Kiai Ahmad Ulin Nuha Rozy selaku Ketua Tanfidziyah PCNU Ngawi menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tradisi jamiyah. Di mana satu periode kepemimpinan di PCNU minimal mengadakan Muskercab sebanyak tiga kali.


"Muskercab ini semata-mata adalah amanah jamiyah, perintah organisasi bahwa di PCNU minimal melaksanakan tiga kali Muskercab dalam satu periode kepemimpinan," ujar Kiai Ulin.


Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa inti dari Muskercab yaitu untuk mengevaluasi dan mengoptimalisasikan program-program yang sudah, sedang ataupun akan berjalan. Serta merumuskan program yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan.


Adapun Muskercab kali ini lebih memprioritaskan tiga hal. Pertama, organisasi dan kelembagaan. Kedua, program pendidikan kaderisasi NU. Ketiga, kemandirian ekonomi yang salah satu rencananya akan menerapkan program petani ramah lingkungan (Pertanian Organik).


Saat sambutan, Kiai Ulin juga melaporkan bahwa kegiatan yang menjadi skala prioritas pada Muskercab sebelumnya seluruhnya sudah terlaksana. Di antaranya pendataan Kartanu dengan total 56.000 Kartanu sudah tercetak. Kemudian pembangunan simbol raksasa NU Ngawi dan lainnya.


Ia berharap Muskercab kali ini dapat merumuskan kegiatan yang menjadi skala prioritas untuk satu tahun kedepan.


"Mudah-mudahan Muskercab PCNU ketiga kali ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan program-program terbaik untuk Ngawi ke dapan," terangnya.


Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam selaku Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Selain itu, Ony Anwar, Bupati Ngawi juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.


Editor:

Matraman Terbaru