Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

NU Online Jombang Lakukan Seleksi Calon Kontributor 

NU Online Jombang Lakukan Seleksi Calon Kontributor 
Pemred NU Online Jombang di hadapan peserta madarasah jurnalistik. (Foto: NOJ/Qona’atun Putri Rahayu)
Pemred NU Online Jombang di hadapan peserta madarasah jurnalistik. (Foto: NOJ/Qona’atun Putri Rahayu)

Jombang, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Jombang bersama NU Online mengadakan madrasah jurnalistik. Kegiatan dipusatkan  di gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, Jalan Raya Mojoagung. 

 

“Kegiatan ini untuk mengkader kalangan muda menjadi penulis,” kata Pemimpin Redaksi NU Online Jombang, Syamsul Arifin, Sabtu (16/10). Disampaikan pula bahwa nantinya peserta diharapkan dapat mengelola website yang ada.

 

Dirinya menyebutkan komitmen dalam jurnalistik adalah harus benar-benar konsisten. Yang bersangkutan nantinya akan melewati seleksi sehingga akan terpilih peserta yang serius.

 

“Kita tidak mencari banyak peserta, melainkan yang perlu kita perhatikan adalah kualitas dan komitmen,” tegasnya.

 

Untuk melihat keseriusan, salah satu yang dilakukan panitia adalah dengan meminta pelatihan untuk membayar dan dilanjutkan dengan tertanda tangan pakta integritas.

 

“Untuk melihat komitmen, pelatihan ini berbayar saat registrasi. Itu menjadi salah satu ukuran dan yang kedua, mereka harus menandatangani pakta integritas yang sudah disiapkan,” ujarnya.

 

Usai mengikuti dua hari pelatihan, peserta harus dilihat outputnya selama sebulan, untuk melihat perannya dalam intensitas mengirimkan tulisan. 

 

“Kita akan lihat dalam satu bulan, intensitas peserta dalam mengirim tulisan. Kalau kualitas sudah memadai, maka akan kami rekrut kedalam kontributor NU Online Jombang,” ujarnya.

 

Dalam memberikan tekanan, pelatihan diisi dengan materi dilanjut praktik. Materi meliputi pengenalan jurnalistik, reportase, produk jurnalistik, praktik lapangan, manajemen redaksi  dan terjun langsung ke lapangan untuk praktik melakukan wawancara.

 

Disampaikan pria asal Sumenep tersebut bahwa penerimaan calon kontributor belum tentu dapat dilakukan setiap tahun. Melainkan sesuai mandat dari hasil Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) PCNU Jombnag yang menyusun program, dan madrasah jurnalistik bagian di dalamnya.

 

Disampaikan Syamsul bahwa kegiatan yang mulai digelar dari Sabtu hingga Ahad (16-17/10) dengan menghadirkan sejumlah pemateri yang dapat diandalkan.

 

Acara sebagai mata rangkai Hari Santri 2021 ini diikuti kurang lebih 20 peserta dari sejumlah kecamatan di Jombang. 

 

Penulis: Qona’atun Putri Rahayu
 

Terkait

Matraman Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini