• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Matraman

Peduli Masa Tua, Muslimat NU Ponorogo Resmikan Pondok Lansia

Peduli Masa Tua, Muslimat NU Ponorogo Resmikan Pondok Lansia
Dokumentasi kegiatan khatmil Alquran Ikatan hafidzah Muslimat NU Ponorogo. (Foto: NOJ/Arisel)
Dokumentasi kegiatan khatmil Alquran Ikatan hafidzah Muslimat NU Ponorogo. (Foto: NOJ/Arisel)

Ponorogo, NU Online Jatim

Semarak Hari Santri 2022 mulai terasa di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Ponorogo. Kali ini Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Ponorogo menggelar Khatmil Al-Quran Ikatan hafidzah Muslimat NU setempat, Sabtu (08/09/2022).

Dengan dihadiri 200 penghafal Al-Quran (hafidzah) binaan PC Muslimat NU acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Santri serta maulid Nabi Muhammad, sekaligus peresmian Pondok Lansia Muslimat NU.

Hj Siti Aminah Ketua Muslimat NU Ponorogo menjelaskan, Pondok Lansia yang telah dibangun pada 2016 silam ini adalah wadah untuk pembinaan, pertemuan, dan pengajian yang dikhususkan untuk lansia.


 

"Jadi, ini tidak nginep, khusus bimbingan rohani kepada lansia. Mengubah paradigma bahwa ini bukan panti jompo, tapi melatih spiritual saat kita usia senja. Di sini ibu-ibu anggota Muslimat NU yang sudah sepuh bisa berkumpul, mengaji, diperiksa kesehatannya dan ada ibu pengasuhnya," katanya.


 

Dijelaskan, Pondok Lansia Muslimat NU ini bertempat di Jalan Raya Ponorogo-Solo atau tepatnya di Desa Gandu, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Pondok Lansia berdiri diawali dari keprihatinan utamanya dalam hal beribadah dari pola kehidupan perempuan tua sakit-sakitan, yang ditinggalkan oleh anak-anaknya.


 

"Karena adanya paradigma bahwa ibu yang sudah sepuh, hidup sendiri akan sakit-sakitan, ditinggalkan oleh anak-anak dan tidak ada yang memperhatikan terutama dalam hal ibadah," jelasnya.


 

Dalam kesempatan ini turut hadir Rais Syuriah PCNU Ponorogo KH Muhammad Sholihan Alhafidz, Ketua PCNU Ponorogo Kiai Fatchul Aziz, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Wakil Bupati Ponorogo Lisdiyarita, beserta segenap pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Ponorogo.


Matraman Terbaru