• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 3 Oktober 2022

Matraman

Pendidikan Ansor Desa I di Ponorogo Berkontribusi Jaga Negeri

Pendidikan Ansor Desa I di Ponorogo Berkontribusi Jaga Negeri
Pembukaan Pendidikan Ansor Desa I. (Foto: NOJ/Zen)
Pembukaan Pendidikan Ansor Desa I. (Foto: NOJ/Zen)

Ponorogo, NU Online Jatim

Gerakan Pemuda (GP) Ansor sebagai benteng ulama juga harus turut terus berkontribusi memajukan desa. Salah satunya yang dilakukan GP Ansor Ponorogo yang terus istikamah dengan memberikan kader yang terbaik untuk membantu kemajuan desa di wilayah Kabupaten Ponorogo, dengan Ansor Berdesa.

 

Kali ini GP Ansor Ponorogo mengadakan Pendidikan Ansor Desa I dengan tema Membangun Desa dan Menjaga Indonesia, Jumat (19/11/2021). Adapun pelatihan yang dilaksanakan pada Jumat-Sabtu (19-20 November 2021) ini dibuka oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI.

 

Dalam pembukaan tersebut mewakili Menteri Kemendes PDTT, Juru Bicara Kemendes RI Abdul Malik Haramain mengatakan sangat bersyukur bisa bertemu dengan GP Ansor lagi dan menyampaikan salam dari Menteri Kemendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, yang tidak dapat bergabung melalui virtual dikarenakan sedang rapat dengan Presiden. 

 

"Saya senang Ansor terlibat untuk membangun desa, memajukan desa," katanya. 

 

Sementara itu, Ketua GP Ansor Ponorogo Syamsul Ma'arif menjelaskan acara tersebut bertujuan untuk menjalankan mandat GP Ansor sebagai benteng ulama dan menjalankan komitmen GP Ansor untuk berkontribusi dalam menjaga NKRI. 

 

"Keterlibatan dalam formulasi dan kontrol kebijakan, advokasi anggaran publik, dan kandidasi kader. Maka Gerakan Ansor berdesa lahir dari kesadaran tersebut," paparnya. 

 

Ia mengungkap acara pendidikan desa kali ini adalah tindak lanjut atau tahapan berikutnya dari halaqah santri desa. Acara ini akan selenggarakan di 21 kecamatan yang ada di wilayah Bumi Reyog. 

 

"Konsepnya, kolaborasi dengan stakeholder GP Ansor. Untuk angkatan pertama ini kita mulai di Kecamatan Ngebel dengan peserta dari kader GP Ansor yang berada di pemerintahan desa, pendamping desa, pendamping PKH dan tentunya diambilkan dari Pimpinan Ranting GP Ansor di wilayah Ngebel," ucapnya. 

 

Gus Syamsul berharap pada sesi akhir nanti Gus Menteri Kemendes PDTT dapat berkenan menutup acara Pendidikan Desa I sebagai penanda dimulainya Gerakan Ansor berdesa di Kabupaten Ponorogo. Selanjutnya, ia juga memohon kepada para kiai dan bupati, camat, lurah, segenap stakeholder, dan para dewan instruktur yang ada di Ponorogo untuk berkenan dan tak bosan membimbing dan mementori GP Ansor.  

 

"Kami juga mohon doanya semoga segenap keluarga besar GP Ansor senantiasa diberikan bimbingan, pertolongan dan kekuatan oleh Alloh SWT," pungkasnya.


Matraman Terbaru