• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Matraman

Ratusan Yatim Ikuti Khitanan Massal NU Care-LAZISNU Nganjuk

Ratusan Yatim Ikuti Khitanan Massal NU Care-LAZISNU Nganjuk
Suasana khitan massal NU Care-LAZISNU Nganjuk. (Foto:NOJ/Hafidz Yusuf)
Suasana khitan massal NU Care-LAZISNU Nganjuk. (Foto:NOJ/Hafidz Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Sebanyak 163 anak mengikuti khitan massal yang digelar Pengurus Cabang (PC) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Nganjuk, Rabu (20/10). Kegiatan digelar dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan peringatan Hari Santri 2021.
 

"Peserta khitanan adalah utusan dari pengurus LAZISNU di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Nganjuk. Mereka adalah warga kurang mampu dan ada juga dari kalangan yatim," kata Ketua NU Care-LAZISNU Nganjuk Moch Masyhuri kepada NU Online Jatim.
 

Disampaikan Kang Huri, kegiatan ini cukup istimewa karena menunjukkan kesolidan antar lembaga yang dimiliki NU. LAZISNU sebagai lembaga yang menginisiasi program bersama Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) untuk mendukung dalam hal tenaga medis. Menurutnya, sinergi tersebut harus terus terjalin.
 

"Kami berterima kasih kepada LKNU Nganjuk atas bantuannya dalam kegiatan khitan massal ini. Semoga para tim medis LKNU Nganjuk sehat selalu,” harapnya.
 

Adapun lokasi khitan, lanjut Kang Huri, tersebar di tujuh titik yakni kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Prambon, Tanjunganom, Bagor, Patianrowo, Loceret dan Klinik Adi Amerta Gondang.
 

“Hal tersebut untuk menghindari kerumunan massa mengingat masih suasana pandemi,” ujarnya.
 

Dirinya mengapresiasi para dermawan yang telah memberikan kepercayaan kepada LAZISNU untuk mengelola amal, baik berupa zakat, infak, maupun shadaqah.
 

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua yang telah mendukung kegiatan NU Care-LAZISNU Nganjuk," ucapnya.
 

Anak-anak terlihat sangat antusias untuk mengikuti khitanan massal. Selain dikhitan, mereka juga mendapatkan bingkisan berupa sarung, songkok, baju, uang saku dan makanan sehat.

Ahmad, salah satu peserta khitan mengaku senang dan nyaman lantaran ia dikhitan dengan metode sunat yang ada.
 

“Senang sekali ikut khitan massal ini, rasanya tidak sakit. Setelah dikhitan, saya langsung bisa memakai celana dalam sunat, dan celana pendek,” ungkapnya sembari tersenyum.

Penulis: Hafidz Yusuf


Editor:

Matraman Terbaru