• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Matraman

Sambut Hari Santri, Pesantren Nurul Qur’an Ponorogo Adakan Bahtsul Masail Santri

Sambut Hari Santri, Pesantren Nurul Qur’an Ponorogo Adakan Bahtsul Masail Santri
KH Mochammad Sholehan Al-Hafidz saat bahtsul masail. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)
KH Mochammad Sholehan Al-Hafidz saat bahtsul masail. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)

Ponorogo, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Nurul Qur'an (PPNQ) Pakunden Kabupaten Ponorogo mengadakan Bahtsul Masail, Sabtu (02/10/2021). Bahtsul Masail dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2021 ini mengundang puluhan peserta dari pesantren lain. 

 

KH Mochammad Sholehan Al-Hafidz, pengasuh PPNQ Ponorogo mengatakan, selain sebagai rangkaian menyambut hari santri, Bahtsul Masail di pondoknya diadakan untuk mempererat silaturahim antar pesantren. 

 

"Makane kulo ndamel (Saya buat) istilah ngopi bareng, tapi ngopi bareng sambil belajar," katanya. 

 

Kiai yang juga Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo ini mengungkapkan, bahtsul masail di pondoknya merupakan tingkat santri dan dikuti oleh 30 pondok pesantren. Dengan tujuan utamanya merekatkan antar pesantren. Ia juga berharap bisa diadakan dalam setahun sebanyak tiga kali. 

 

"Dadi antara pondok sijine lan sijine ra ketok asing (jadi antara pondok satu dan satunya tidak nampak asing)," tuturnya. 

 

Sementara itu, anggota Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PCNU Ponorogo, Misbahul Munir menambahkan, menjelang hari santri di inisiasi dan dimotori oleh KH Mochammad Sholehan Al Hafidz untuk mengadakan kegiatan dengan ciri khas kepesantrenan atau santri.

 

Yaitu menelaah kitab-kitab kuning yang dibungkus dalam sebuah acara bernama Bahtsul Masail.  "Ini bisa menambah semangat kita menjelang hari santri," imbuhnya. 

 

 

Disisi lain, Mashuri perwakilan dari Pondok Pesantren Chasanul Hidayah yang menjadi peserta bahstul masail merasa sangat senang dapat menambah ilmu. "Di keadaan seperti ini, santri-santri masih bisa bersilaturahim," tandasnya. 


Editor:

Matraman Terbaru