• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Matraman

Sejak Setahun Lalu, LAZISNU di Nganjuk Bagikan Makanan Gratis

Sejak Setahun Lalu, LAZISNU di Nganjuk Bagikan Makanan Gratis
NU Care-LAZISNU Prambon, Nganjuk saat bagi-bagi makanan dan sayur gratis kepada warga. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
NU Care-LAZISNU Prambon, Nganjuk saat bagi-bagi makanan dan sayur gratis kepada warga. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Prambon, Nganjuk melakukan aksi sosial dengan membagikan ratusan makan secara gratis kepada siapa pun yang membutuhkan. Kegiatan tersebut telah dilakukannya sejak satu tahun yang lalu.

 

"Gerakan ini mengajak masyarakat agar gemar berbagi dan sebagai pengingat bahwa berbagi kepada semua itu mudah bisa diwujudkan dengan apa saja," ujar Ketua LAZISNU Prambon Muhammad Mukib kepada NU Online Jatim, Jumat (14/01/2022).

 

Tidak hanya itu, tim Makan Minum Gratis (Mamitis) juga membagikan beberapa bahan makanan dan minuman hasil olahan seperti tahu, tempe, susu kedelai, sayuran, lauk, snack, buah dan berbagai bahan makanan lainnya.

 

“Siapapun boleh ambil, silahkan. Alhamdulillah, antusiasme dari warga sangat baik,” imbuhnya.

 

Dikatakan alumnus Pondok Pesantren Lirboyo ini, program mamitis dilaksanakan rutin setiap Jumat pagi dengan dibantu sejumlah relawan. Sayur dan bahan makanannya pun dibeli dari pedagang kelontong setempat.

 

“Terima kasih kepada para donatur yang mempercayakan sedekahnya kepada NU Care LAZISNU Prambon,” tutur Mukib.

 

Lebih lanjut, dirinya berharap partisipasi banyak kalangan, khususnya yang memiliki penghasilan lebih untuk ikut menjadi donatur dalam program ini. Ia pun berharap agar program ini kedepan menjadi syiar bagi kalangan aghniya atau kaya untuk membantu yang kurang mampu.

 

Sementara itu, Siti, ibu rumah tangga penerima nasi gratis dari program mamitis mengatakan, adanya bahan makanan seperti sayuran membuatnya bisa hemat belanja. Sebab, sayuran yang ia terima bisa dimasak untuk keluarganya di rumah.

 

"Biasanya kalau pagi saya belanja ke penjual sayur, dan habis sekitar Rp20 ribu. Alhamdulillah, hari ini dapat sayuran gratis," ujarnya.


Matraman Terbaru