• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

Siswa Madrasah di Jombang Terpilih Duta Inspirasi Indonesia, Kini Bisa Keliling Turki

Siswa Madrasah di Jombang Terpilih Duta Inspirasi Indonesia, Kini Bisa Keliling Turki
Parisya Palmeda Nasywa Nihar, siswa MAN 1 Jombang yang terpilih menjadi Duta Inspirasi Indonesia. Foto: Instagram Parisya Palmeda Nasywa Nihar.
Parisya Palmeda Nasywa Nihar, siswa MAN 1 Jombang yang terpilih menjadi Duta Inspirasi Indonesia. Foto: Instagram Parisya Palmeda Nasywa Nihar.

Jombang, NU Online Jatim

Parisya Palmeda Nasywa Nihar, siswa MAN 1 Jombang terpilih menjadi Duta Inspirasi Indonesia. Atas prestasinya itu, Nasywa mendapat kesempatan berkunjung ke Turki sejak 01 hingga 10 Agustus 2022 mendatang.


Ia mengaku tidak menyangka akhirnya bisa mewakili Indonesia di ajang tersebut. "Alhamdulillah, senang sekali. Tidak menyangka bisa menjadi perwakilan Indonesia untuk belajar sejarah di Turki," katanya dikutip timesindonesia.co.id, Kamis (04/08/2022).


Awalnya, Nasywa mengetahui program Duta Inspirasi Indonesia Inspiratour International Youth Summit 2022 Turki dari saudaranya pada postingan instagram. Kemudian ia tertarik untuk mengikuti program tersebut dan mendaftar melalui jalur self founded.


Selanjutnya, sejak Juni 2022 lalu, Nasywa mengikuti tahap pembekalan dengan para panitia Duta Inspirasi melalui zoom meeting. Pembekalan tersebut menjelaskan tentang timeline schedule, panduan terperinci, tata tertib, etika, kesiapan para peserta, dan destinasi bersejarah di Turki. Peserta Duta Inspirasi 2022 sebanyak 78 orang, dan berasal dari 34 propinsi di Indonesia.


"Alhamdulillah, melalui restu orang tua dan dukungan MAN 1 Jombang, saya lolos sebagai salah satu peserta termuda," ungkapnya.


Putri dari pasangan suami istri Suharianto (43) dan Juanita Matkhurotin (39) berharap kegiatan internasional yang diikutinya bisa memotivasi dan menginspirasi teman-teman pelajar di seluruh Indonesia.

 

"Yuk kita selalu belajar hal baru dan terus berjuang mencapai cita cita setinggi-tingginya, serta berperan aktif mengharumkan nama bangsa Indonesia di kanca internasional," ujarnya.


Adapun dalam kegiatan Duta Inspirasi Indonesia Inspiratour International Youth Summit 2022 Turki ini mengeksplor tempat-tempat bersejarah, pusat pendidikan, dan budaya yang ada negara Turki.


Tempat-tempat tersebut yaitu Hagia Sophia, makam Muhammad Al-Fatih, Galata Tower, Ankara University, dan beberapa tempat bersejarah lainnya. Inilah yang mendorong saya mengikuti kegiatan Duta Inspirasi, yaitu untuk mengetahui secara langsung sejarah, budaya, dan sistem pendidikan di Turki.


"Dari tempat ke tempat yang saya kunjungi di Turki, saya selalu mendapat ilmu baru," kata pelajar yang tinggal di Desa Sentul RT.4 RW.2 Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang itu.


Nasywa berharap, kunjungan yang kini dilakukannya di Turki dapat menambah pengetahuannya. “Semoga kesempatan saya selama belajar langsung dengan mengunjungi tempat bersejarah di Turki, dapat menambah wawasan sejarah maupun budaya juga bisa menginspirasi pelajar lain untuk semangat menggapai cita-cita," tandasnya.


Untuk diketahui, Duta Inspirasi Indonesia ini merupakan sebuah kegiatan konferensi global yakni Inspiratour International Youth Summit 2022, Turki.


Editor:

Matraman Terbaru