• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Matraman

Siswi MI di Trenggalek Raih Juara Kompetisi Sains Madrasah

Siswi MI di Trenggalek Raih Juara Kompetisi Sains Madrasah
Sertifikat penghargaan yang diperoleh Auliya Ziyanatul Mazida. (Foto: Istimewa).
Sertifikat penghargaan yang diperoleh Auliya Ziyanatul Mazida. (Foto: Istimewa).

Trenggalek, NU Online Jatim

Auliya Ziyanatul Mazida, salah satu siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tasmirit Tarbiyah Desa Sumbergayam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek patut diapresiasi. Siswi kelas 6 tersebut menyabet juara II Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten.

 

Auliya berhasil bersaing dengan total 104 peserta. Auliya seperti siswa lainnya mengikuti pembelajaran secara daring. Namun, pada malamnya menyempatkan belajar dengan pendampingan orang tua.

 

"Anak saya meluangkan waktu untuk belajar tambahan sendiri pada malam hari di rumah. Tidak ikut kursus, hanya pendampingan orang tua saja," kata Kusnul Khotimah, Ibu dari Auliya dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (01/09/2021).

 

Dirinya mengungkapkan perasaan yang senang dan bangga atas torehan prestasi anak tercintanya. Tidak hanya memenuhi kebutuhan dlohir, namun juga akan terus menyemangati dalam hal kebaikan.

 

"Selaku orang tua hanya bisa mendukung dan mendoakan dan yakin yang terbaik untuk  anak kami," terang ibu rumah tangga berusia 30 tahun ini.

 

Kusnul Khotimah menambahkan, masa seperti sekarang ini tentu tantangan besar bagi orang tua, khususnya yang domisili di desa. Harus  bertanggung jawab memenuhi kebutuhan hidup, disisi lain juga harus memenuhi pendidikan selama di rumah. Dari situ orang tua dituntut bisa membagi waktu.

 

"Intinya harus sabar dan menciptakan keharmonisan di dalam rumah, tidak ada unsur selama belajar di rumah dalam kondisi dan keadaan seperti saat ini," pungkasnya.

 

Terpisah, Kepala MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Durenan Trenggalek, Rudi Agus Salim menyampaikan rasa syukur atas diraihnya prestasi siswinya. Ia berpesan untuk tidak pernah lelah terus mengejar prestasi diatas potensi yang dimiliki masing-masing. 

 

"Belajar dan terus belajar dalam situasi apa pun. Buat bangga orang tua kalian, keluarga kalian, kakak, adik, saudara, guru-guru kalian," papar pria yang akrab disapa Kang Rudi.

 

Ia menjelaskan, untuk kedepan tentu sangat berharap di semua lini semakin baik. Dalam kegiatan belajar mengajar atau fasilitas pendukung lebih dari apa yang saat ini diperoleh. Hari demi hari harus terus berbenah, bukan hanya puas pada satu fase.

 

"Kita masih baru akan memulai sebuah perjalanan yang tentu lembaga ini bukan hanya lembaga yang biasa tapi lembaga yang benar-benar di hati kita semua," ungkap

 

 

Terkait pendampingan siswa, di masa pandemi pihaknya memanfaatkan semua potensi yang dimiliki. Terlebih didukung penuh tekonologinya oleh lembaga atau yayasan serta Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik.

 

"Alhamdulillah SDM guru luar biasa, namun belum tertata secar rapi, tinggal memoles saja," pungkas lulusan STIT Sunan Giri Trenggalek tahun 2001-2006 tersebut.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru