• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Matraman

STAINU Pacitan Terus Berikhtiar Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

STAINU Pacitan Terus Berikhtiar Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa
Mahasiswa STAINU Pacitan ketika berada di Kantor Kemenag Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Mahasiswa STAINU Pacitan ketika berada di Kantor Kemenag Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan mengadakan program praktik atau magang guna meningkatkan kompetensi mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan di Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) itu untuk mengawali perkuliahan semester ganjil tahun 2022-2023 bagi mahasiswa semester tujuh.


Dosen STAINU Pacitan, Achmad Ridlowi mengatakan, pelaksanaan magang atau kuliah praktik merupakan salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat dan pemberian pengalaman ilmu pengetahuan bagi mahasiswa di sektor kerja. Sebab, melalui program ini mahasiswa dapat memenuhi tugas semester akhir di perguruan tinggi.


“Di kampus STAINU Pacitan, khususnya di Prodi Manajemen, memiliki program untuk menambah skill mahasiswa, seperti Praktik Manajemen Pendidikan (PMP). Sedangkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ada di Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Kuliah Kerja Praktek (KKP) di Prodi Ekonomi Syariah,” katanya kepada NU Online Jatim, Selasa (23/08/2022).


Ridlowi mengatakan, program ini merupakan penunjang peningkatan keterampilan dan kemampuan mahasiswa. Untuk itu, dirinya berharap mahasiswa dapat beradaptasi dengan tugas yang ada dan mampu menimba pengetahuan di dunia kerja.


“Tetap semangat walaupun teori-teori diperkuliahan tidak 100 persen sama dengan yang ada di lapangan,” imbuhnya.


Sementara Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan, Mukarrom mengatakan mahasiswa harus membiasakan diri dalam pekerjaan yang mungkin tidak semua sama dengan teori-teori yang diperoleh di bangku kuliah.


“Ibaratnya seorang mahasiswa itu sedang berada di alam kandungan yang mana sudah mendapatkan garis takdirnya (Prodi), namun belum mengetahui dunia nyata (dunia kerja). Oleh karenanya harus bisa menyesuaikan diri dan beradaptasi sesuai lingkungan kerjanya,” jelasnya.


Diketahui, program akan berlangsung selama 1 bulan ke depan, yakni sejak 22 Agustus 2022 hingga 23 September 2022 mendatang. Kegiatan itu menggandeng sejumlah pihak, di antaranya Kemenag Pacitan, SMP N 3 Pacitan, SMK Sudimoro dan beberapa instansi di Pacitan yang telah menjalin kerja sama dengan STAINU Pacitan.


Matraman Terbaru