• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Matraman

Strategi Pengkaderan, IPNU-IPPNU di Trenggalek Gelar Lakmud

Strategi Pengkaderan, IPNU-IPPNU di Trenggalek Gelar Lakmud
Suasana Lakmud PAC IPNU-IPPNU Durenan Trenggalek. (Foto :NOJ/Madchan Jazuli)
Suasana Lakmud PAC IPNU-IPPNU Durenan Trenggalek. (Foto :NOJ/Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Durenan, Kabupaten Trenggalek menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) dengan tema bertajuk 'Kader Aji Ing Sabda Pranyoto'.


Kegiatan tersebut dipusatkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Durenan. Peserta berjumlah 26 pelajar dengan rincian 12 IPNU dan 14 IPPNU mulai hari Ahad hingga Rabu (25-28/12/2022).


Ketua Pelaksana Lakmud, Nur Diana Saniati mengatakan, tema dari Lakmud kali ini adalah menjadi kader yang berharga di setiap perkataanya. “Maksud dari berharga disini yakni mengimplementasikan perkataannya menjadi sesuatu yang nyata dilakukan," katanya, Selasa (27/12/2022).


Perempuan yang juga sebagai Tim Instruktur dan Pelatih di Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Trenggalek ini mengaku, tujuan diadakan Lakmud ini yaitu sebagai pemenuhan program kerja PAC 2022-2024. Selain itu juga sebagai sebagai strategi pengkaderan oleh Departemen Kaderisasi karena telah melewati masa reorganisasi baru.


"Sehingga membutuhkan penerus kader-kader yang baru. Tidak hanya menjadi angan-angan saja, namun bertindak menjadi lebih dan lebih baik lagi kedepannya," terangnya.


Diana berharap, adanya support sistem dari seluruh stakeholder mulai pembina, alumni dan Nahdliyin lainnya tidak dipungkiri, pelajar masih membutuhkan bimbingan baik moril maupun materil.


"Ibarat gelas, kami masih kosong belum ada isinya. Maka  dari itu, kami mengisi hal-hal positif sesuai perkembangan zaman yang ada," ungkap anggota Departemen Kaderisasi PAC IPPNU Durenan ini.


Sementara itu, Ketua PAC IPNU Durenan, Mohammad Zidniy Ilma An Nafi’a mengungkapkan, Lakmud di akhir tahun 2022 ini selepas pengkaderan untuk tetap ikut berkontribusi baik di ranah PAC, Pimpinan Ranting (PR) maupun di Nahdlatul Ulama secara umum.


"Biasanya setelah diklat tidak ada pergerakan hanya menggugurkan kewajiban. Intinya setalah Lakmud kembali ke PAC atau PR," ucapnya.


Pria yang memiliki usaha aluminium ini mengaku, ada respon positif dari salah satu Pengurus Pusat (PP) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Hadiqun Nuha yang menjadi pemateri Lakmud. Pihaknya sangat terkesan dengan undangan dan permintaan mengisi materi yang lumayan rapi.


"Kalau surat kami rapi sesuai prosedur dan runtutannya pas. Mulai dari surat, lampiran pertama kisi-kisi dan lampiran kedua ialah jadwal ditandai agar lebih enak," tandasnya.


Matraman Terbaru