• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Metropolis

Alumni Madrasah, Kader Fatayat NU Dinobatkan sebagai Yuk Mojokerto

Alumni Madrasah, Kader Fatayat NU Dinobatkan sebagai Yuk Mojokerto
Rita Nuril Aini Ni'matusholikha, kader Fatayat NU yang terpilih Yuk Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/ Yulia Novita Hanum).
Rita Nuril Aini Ni'matusholikha, kader Fatayat NU yang terpilih Yuk Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/ Yulia Novita Hanum).

Mojokerto, NU Online Jatim

Rita Nuril Aini Ni'matusholikha, salah satu kader Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Mojokerto patut diapresiasi. Berkat prestasinya, ia dinobatkan menjadi Yuk Wakil 1 Duta Pariwisata dalam grand final Gus Yuk Kabupaten Mojokerto 2021, Sabtu (28/08/2021).

 

Saat masih menjadi siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Rita sudah penasaran dengan duta wisata gus dan yuk ini. Ia sempat merasakan ragu untuk menjadi yuk meskipun ada keinginan. Mengingat gus yuk identik dengan ganteng, cantik, keren, terkenal, fashionable, dan kebanyakan tidak berhijab.

 

“Awalnya saya dulu pas MAN penasaran sama duta wisata gus dan yuk ini, sedangkan saya anak madrasah dan belum pernah ada senior saya yang ikut itu. Dan pihak sekolah pun belum tertarik sama ajang itu,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Kamis (02/09/2021).

 

Namun, setelah memasuki jenjang perkuliahan. Bakatnya pun muncul dengan prestasi yang dicapai selama sekolah. Lagi-lagi ia sempat ingin menyerah di tengah jalan saat masa pendaftaran gus yuk ini. Sebab banyak kegiatan yang diikutinya di kampus.

 

“Saya awalnya sempat ingin menyerah mengikuti gus yuk ini, soalnya benturan juga sama job di Malang dan barengan juga sama jadwal sidang kampus,” kata Rita.

 

Tidak hanya itu, Koordinator Bidang Dakwah Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Pungging merupakan anak paling tertua sehingga harus bisa mengayomi adik-adiknya walau berkompetisi.

 

Berkat dukungan keluarga dan teman-temannya di Fatayat, bahkan wanita berusia 23 tahun ini pernah terpilih menjadi duta fakultas ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik. Serta top 5 best talent duta hijab Radar Malang 2021.

 

“Alhamdulillah berkat dukungan dari orang-orang terdekat, khususnya ibu Ketua PAC Fatayat Kecamatan Pungging, akhirnya saya mendapatkan amanah untuk jadi Yuk Wakil 1 Kabupaten Mojokerto,” ujar alumni Universitas Islam Negeri Malang itu.

 

 

Wanita kelahiran 1998 yang beralamat di Desa Jabon Tegal, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto ini berharap, prestasi yang dihaihnya dapat menginspirasi dan memotivasi kader-kader NU lainnya. Supaya terus mengembangkan potensi diri.

 

“Jangan ragu untuk melangkah, hijab bukan sebagai halangan, tapi jadikan itu identitas dan nilai lebih,” tandasnya. 

 

Penulis: Yulia Novita Hanum

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru