• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Metropolis

Bangun Ekonomi Keumatan, NU Jatim Usul PBNU Diisi SDM Berkompeten

Bangun Ekonomi Keumatan, NU Jatim Usul PBNU Diisi SDM Berkompeten
Prof Akh Muzakki, Sekretaris PWNU Jatim. (Foto: NOJ/pwnujatim)
Prof Akh Muzakki, Sekretaris PWNU Jatim. (Foto: NOJ/pwnujatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengusulkan agar dalam susunan kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hasil Muktamar ke-34 di Lampung agar memperhatikan konsep kemandirian dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten.

 

Selain itu, diusulkan PWNU Jawa Timur kepada Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staqut untuk benar-benar memperhatikan perkembangan dan perubahan dalam masyarakat ke arah kemandirian organisasi para kiai dan ulama pesantren ini.

 

"Pengurus PBNU yang akan datang harus merupakan cerminan kemandirian dari campur tangan apapun, termasuk kekuatan politik partisan dan pemerintah," tutur Prof Akh Muzakki, Sekretaris PWNU Jawa Timur dalam keterangan pers, Rabu (29/12/2021).

 

Menurut akademisi UIN Sunan Ampel Surabaya itu menegaskan, sesuai hasil keputusan Rapat Gabungan syuriah-tanfidziyah  PWNU Jawa Timur di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, susunan kepengurusan PBNU mendatang harus sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan dalam semangat the right man on the right place dalam bidang apapun, termasuk pendidikan dan ekonomi.

 

"Untuk itu, perlu dibentuk tim khusus untuk menyambut tawaran sejumlah paket konsesi yang disampaikan oleh presiden pada pembukaan Muktamar ke-34, di antaranya dalam kaitannya dengan pengembangan ekonomi keumatan, termasuk komoditas batu bara dan lainnya," tutur Prof Akh Muzakki.

 

Dalam kaitan itu, para masayikh PWNU Jawa Timur mengingatkan, pentingnya menyusun Tim Perumus hasil sidang muktamar yang kompeten yang bertugas di antaranya untuk melakukan sinkronisasi hasil sidang komisi dan atau sidang pleno. Termasuk di bidang pemilihan ketua umum, agar bisa menjadi keputusan tertinggi organisasi yang memiliki ketetapan hukum tetap untuk segera berlaku efektif, dan PWNU Jawa Timur siap untuk mengawal kerja tim perumus dimaksud.

 

Usulan PWNU Jawa Timur, tertuang dalam Surat Keputusan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur Nomor: 1149/PW/A-II/L/XII/2021 Tentang Usulan dan Kebijakan Nahdlatul Ulama Pasca-Muktamar ke-34 Tahun 2021. Surat tertanggal 23 Jumadil Awwal 1443, bertepatan 28 Desember 2021, ditandatangani KH Anwar Manshur (Rais), KH Safrudin Syarif (Katib) serta KH Marzuqi Mustamar (Ketua) dan Prof Akh Muzakki (Sekretaris).

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru