• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi gempa bumi di Jember. (Foto: NOJ/ Istimewa)
Ilustrasi gempa bumi di Jember. (Foto: NOJ/ Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim
Peristiwa gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang kawasan perairan Kabupaten Jember pada Selasa (06/12/2022) pukul 13.07 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut tidak berpotensi memicu gelombang tsunami.


"Tidak berpotensi tsunami," dalam keterangan BMKG di akun Twitternya, @infoBMKG, Selasa (06/12/2022).


Disebutkan, pusat gempa berada di laut pada kedalaman 10 kilometer. Titik gempa berada di laut 284 kilometer Barat Daya Jember pada koordinat 10,75 Lintang Selatan (LS) dan 113, 42 Bujur Timur (BT).


Tidak hanya itu, gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah lainnya, termasuk pula di Ponorogo dan Bali. Dilansir dari viva.co.id, berikut ini rinciannya dalam Skala MMI: III Jember, III Gubuk Mas, III Mataram, III Kepanjen, III Sumber Pucung, II Madiun, II Ponorogo, II - III Kuta, II - III Kuta Selatan, II Bantul, II Yogyakarta, II Sawahan, II Klaten, II Banyuwangi, II Karangasem.


BMKG mencatat terjadi gempa susulan sebanyak empat kali di perairan Kabupaten Jember. Dikutip dari suarasurabaya.net, gempa susulan pertama terjadi pada pukul 13.25 WIB yang berkekuatan 4,3 magnitudo. Disusul gempa berkekuatan 4,1 magnitudo pukul 13.36 WIB.


Kemudian, gempa juga terjadi pada pukul 13.49 WIB yang berkekuatan 4,3 magnitudo. Gempa susulan terakhir atau keempat terjadi pukul 14.15 WIB dengan kekuatan 3,9 magnitudo.


Kali ini pusat gempa terjadi di laut 272 kilometer sebelah barat daya Jember, tepatnya di titik koordinat 0.63 Lintang Selatan dan 113.35 Bujur Timur, sedikit bergeser dari titik gempa sebelumnya. Kedalamannya masih sama, yakni 10 kilometer.


Hingga berita ini ditulis, belum ada informasi mengenai kerusakan akibat gempa yang melanda Kabupaten Jember ini.


Metropolis Terbaru