• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Madura

Sumenep Dilanda Gempa 3,9 Magnitudo, Berikut Imbauan LPBINU

Sumenep Dilanda Gempa 3,9 Magnitudo, Berikut Imbauan LPBINU
Laporan gempa di Sumenep. (Foto: NOJ/ Info Batuputih)
Laporan gempa di Sumenep. (Foto: NOJ/ Info Batuputih)

Sumenep, NU Online Jatim 

Fathol Amin S, Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Sumenep mengatakan, Kabupaten Sumenep dilanda gempa bumi dengan kekuatan 3,9 magnitudo yang terjadi pada hari Kamis (12/05/2022) pada jam 00.44:03 WIB. 

 

Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sumenep, pusat gempa berada di 21 km arah Timur Laut Sumenep di kedalaman 10 km. 

 

"Pusat gempa bumi berada di koordinat 6.89 Lintang Selatan (LS) dan 113.99 Bujur Timur (BT) yang berpusat di dua desa. Yakni, Desa Badur Kecamatan Batuputih dan Desa Tamedung Kecamatan Batang-Batang," ujarnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Kamis (12/05/2022).

 

Gempa yang terpusat di lautan itu getarannya dirasakan sampai ke daratan oleh warga. Namun gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. 

 

"Sebagaimana informasi yang dikatakan oleh warga di lokasi gempa lewat Whatsapp yakni Nahyudi dan Romli, tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerusakan bangunan serta fasilitas umum," terang Fathol. 

 

"Sementara belum ada informasi yang kami terima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemerintah setempat tentang penyisiran di dua desa tersebut," imbuhnya. 

 

Alumni Pondok Pesantren Nurul Islam Karang Cempaka, Bluto, Sumenep itu mengimbau kepada warga yang berada di lokasi agar selalu berdoa kepada Allah SWT. Juga tidak lupa agar waspada dan jangan panik. 

 

"Jika ada getaran, segera menghubungi LPBINU dan pihak berwajib," pintanya. 


Madura Terbaru