• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

Gunung Semeru Erupsi Lagi, Warga Diminta Waspada

Gunung Semeru Erupsi Lagi, Warga Diminta Waspada
Ilustrasi erupsi Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi erupsi Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim
Aktivitas Gunung Semeru belakangan ini kembali erupsi dan mengeluarkan abu. Untuk itu, warga sekitar diminta waspada, utamanya terhadap potensi terjadinya awan panas dan aliran lahar yang masih tinggi.


Mukdas Sofia, salah satu petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menuturkan, Gunung Semeru erupsi terakhir pada Ahad (04/12/2022) sekira pukul 02.46 WIB dini hari.


“Adapun tinggi kolom abu yaitu 1.500 meter di puncak gunung, yang berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan,” ujarnya dilansir dari detikJatim.


Untuk itu, PVMBG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan


"Karena berpotensi terjadi perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak," imbuhnya.


Selain itu, warga diimbau tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah atau puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang tersebut.


“Itu karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar,” tandasnya.


Sebelumnya, Gunung Semeru di Lumajang kembali erupsi di antaranya pada Jumat (02/12/2022). Erupsi terjadi pukul 05.50 WIB dengan tinggi kolom abu 500 meter di atas puncak gunung sekitar 4.176 meter di atas permukaan laut.


Kemudian, pada Sabtu (03/12/2022) sekitar pukul 05.20 WIB, erupsi terjadi lagi. Adapun tinggi kolom abu yakni 500 meter di atas puncak gunung sekitar 4.176 meter di atas permukaan laut.


Metropolis Terbaru