• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

NU Lumajang-Nganjuk Sinergi Bangun Mushala untuk Korban APG Semeru

NU Lumajang-Nganjuk Sinergi Bangun Mushala untuk Korban APG Semeru
Pembangunan Mushala An-Nahdlah sinergi PCNU Lumajang dan Nganjuk untuk korban APG Semeru. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Pembangunan Mushala An-Nahdlah sinergi PCNU Lumajang dan Nganjuk untuk korban APG Semeru. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Menyambut 1 abad NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang dan Nganjuk bersinergi membangun Mushala An-Nahdlah, Rabu (03/08/2022). Mushala yang terletak di sekitar Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candipuro ini diperuntukkan bagi korban Awan Panas Guguran (APG) Semeru.


Ketua PCNU Nganjuk, KH Hasyim Afandi menyampaikan, pembangunan mushala ini sepenuhnya untuk kemaslatan umat, khususnya bagi warga yang kemarin terdampak musibah erupsi Gunung Semeru. Disebutkan, dana pembangunan ini merupakan hasil donasi dari Nahdliyin di Nganjuk yang dikumpulkan sejak awal tahun lalu.


"Amanah ini hendaknya bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan, khususnya warga NU yang kemarin turut terdampak bencana erupsi Gunung Semeru,” ungkapnya.


Kiai Hasyim menambahkan, antusiasme warga Nganjuk dalam berdonasi untuk korban erupsi Gunung Semeru sangat tinggi, sehingga terkumpul dana hingga Rp400 juta. Menurutnya, dana tersebut langsung diserahkan kepada perwakilan PCNU Kabupaten Lumajang.


“Yang jelas, kami mengucapkan banyak terima kasih telah dibantu oleh teman-teman PCNU Lumajang dalam pendistribusian amanah ini," tutur Kiai Hasyim.


Sementara itu, Ketua PCNU Lumajang H Jamaluddin menargetkan pembangunan mushala tersebut bisa cepat dirampungkan. Hal itu agar bisa segera dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan umum.


Abah Jamal, sapaan akrabnya menambahkan, bahwa pembangunan mushala itu diletakkan jauh dari tempat relokasi karena adanya beberapa persyaratan dari pemerintah.


"Jadi, mekanismenya harus melalui SK Bupati, dan untuk fasilitas umum termasuk mushala telah ditetapkan akan dibangun oleh TNI-Polri. Akhirnya, mushala ini kita bangun di sekitar MWCNU Candipuro sesuai kondisi yang dibutuhkan," ujarnya.


Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada warga NU Nganjuk yang telah turut membantu dan peduli kepada korban APG Semeru yang telah meluluh-lantakkan kawasan Gunung Semeru beberapa waktu lalu.


“Kita akan memaksimalkan hasil donasi ini untuk pembangunan mushala. Dan pembangunan ini kami masukkan dalam rangkaian agenda menuju 1 abad NU yang dicanangkan PCNU Lumajang. Semoga berkah," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru