• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Metropolis

Hebat, Siswa MI Pademonegoro Sidoarjo Raih Juara MTQ

Hebat, Siswa MI Pademonegoro Sidoarjo Raih Juara MTQ
Siswa MI Pademonegoro, Sukodono, Sidoarjo usai menerima trophy dan piagam penghargaan MTQ 2022 Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Siswa MI Pademonegoro, Sukodono, Sidoarjo usai menerima trophy dan piagam penghargaan MTQ 2022 Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Sebanyak lima siswa Kafilah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pademonegoro, Sukodono, Sidoarjo berhasil menyabet juara Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2022. Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Sukodono tersebut dipusatkan di aula kantor kecamatan setempat, Kamis (21/07/2022).


Kepala Madrasah MI Pademonegoro, Mufliha mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih oleh anak didiknya di lomba MTQ tersebut. Dirinya menyebutkan, Kafilah MI Pademonegoro yang dikirimkan mengikuti lomba MTQ ini total sebanyak enam orang.


“Ucapan selamat dan bangga kami kepada sang juara serta ustadz-ustadzah di TPQ dan PTPT MI Ma’arif Pademonegoro. Dengan ridho Allah dan barokah Al-Quran, semoga ke depan senantiasa bisa meningkatkan dan menambah semangat dalam mempelajari Al-Quran,” katanya kepada NU Online Jatim. 


Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa anak didiknya yang berhasil meraih juara antara lain, Nilna Aisyah Humaidah siswi kelas V (Juara 2) dan Talita Khaira Wilda siswi kelas III (Juara III) untuk Golongan 1 Juz dan Tilawah.


Selain itu, ada pula yang meraih Juara 1 Golongan 5 Juz dan Tilawah, yakni Moch Azam Akif siswa kelas V. Berikutnya, yaitu Faradillah Apsyarini siswi kelas V yang Juara 1 Golongan 10 Juz Putri dan Atmim Durrotul 'Athiyyah siswi kelas V berhasil Juara 1 Golongan 30 Juz.


Ia menyebutkan, persiapan untuk mengikuti lomba ini secara khusus hanya selama dua pekan. Namun sebelumnya, setiap hari anak didik sudah mengikuti pembelajaran di materi BTQ.


“Kami berusaha dan berdoa serta tetap semangat, walaupun usia anak-anak masih sangat jauh dari peserta yang lain. Dari kelima anak tersebut, tiga anak di antaranya akan lanjut ke lomba tingkat kabupaten,” ungkapnya.


Sementara itu, Camat Sukodono H Ali Sarbini menegaskan, MTQ ini diadakan dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo. Kedua, guna memberikan semangat kepada umat Islam dan para santri untuk mencintai Al-Quran serta menjadikannya sebagai pedoman hidup.


“Ketiga, untuk mencari bibit potensial dari anak-anak di wilayah Kecamatan Sukodono. Terakhir, tentu yang kami harapkan barokah dari pelaksanaan MTQ untuk Kecamatan Sukodono dan Kabupaten Sidoarjo pada umumnya,” tegasnya.


Di sisi lain, Faradillah Apsyarini salah satu siswi peraih Juara 1 lomba MHQ Golongan  10 Juz Putri merasa bangga dengan pembelajaran di MI Ma’arif Pademonegoro. 


“Semoga saya bisa melanjutkan hafalan hingga tuntas 30 juz, dan semoga ke depan tambah sukses,” ucapnya.


Diketahui, ada beberapa cabang yang dilombakan dalam MTQ 2022 Kecamatan Sukodono tersebut. Di antaranya, Cabang MTQ, MHQ, Tafsir Al-Quran, Mushabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Khat Al-Qur’an, Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Quran (M2IQ), dan Musabaqah Fahmil Quran (MFQ).


Metropolis Terbaru