• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 7 Agustus 2022

Metropolis

Gelar Wisuda, Madrasah di Sidoarjo Optimis Jadi Sekolah Internasional

Gelar Wisuda, Madrasah di Sidoarjo Optimis Jadi Sekolah Internasional
Keceriaan usai wisuda bersama kepala madrasah. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Keceriaan usai wisuda bersama kepala madrasah. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Madrasah Ibtidaiyah ((MI) Ma'arif Ketegan, Tanggulangin, Sidoarjo mengelar wisuda tahun pelajaran 2021/2022 di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Sabtu (28/05/2022). Ada 95 siswa mengikuti acara tersebut.


“Setelah dua tahun acara wisuda tidak diselenggarakan karena pandemic, rupanya ada kerinduan yang begitu terlihat pada prosesi wisuda kali ini. Para wisudawan begitu antusias mengikuti arahan para guru untuk menampilkan kirab, prosesi, maupun penampilan wisudawan,” kata Umi Salamah kepala madrasah kepada NU Online Jatim, Ahad (29/05/2022).


Kepala madrasah yang merupakan alumni Pondok Pesantren Gontor Ponorogo itu mengaku prosesi wisuda telah ditata dengan baik. Sehingga, banyak orang tua yang meneteskan air mata saat lagu dan puisi ditampilkan.


“Penampilan anak-anak memang luar biasa karena menggambarkan betapa indah perjalanan hidup mereka selama mengenyam pendidikan di MI Ma'arif Ketegan,” katanya.


Selain itu, Umi Salamah juga  menyampaikan pesan dan nasihat agar para alumni bisa melanjutkan studinya dengan baik. Termasuk tidak meninggalkan kebiasaan-kebiasaan baik yang telah mereka dapatkan di MI Ma'arif Ketegan, seperti makan minum sambil duduk, tetap mengenakan jilbab, tidak nakal, dan lain sebagainya.


“Banyak program baru yang dilakukan demi mencapai target yang diinginkan stakeholder, yaitu menjadikan MI Ma'arif Ketegan sekolah bilingual yang bermutu dan berkualitas. Bahkan sebentar lagi, madrasah kami akan mengikuti jejak MIMNU Pucang Sidoarjo untuk menerapkan konsep sekolah internasional berbasis ujian Camridge,” tandasnya.


Beberapa penampilan juga disuguhkan para siswa kelas 1-5 demi memeriahkan perhelatan wisuda kakak-kakak meraka. Ada tari tradisional, MHQ, drama berbahasa Arab dan Inggris, fashion show, dan pencak silat Pagar Nusa.


Sementara pendiri madrasah, H Saiful Munir mengaku  sangat puas dengan pencapaian madrasah sampai saat ini.


“Sangat banyak kemajuan yang terlihat tahun ini, seraya berharap hal ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan terus, khususnya bagi para guru dan wali murid lainnya. Hal itu agar bisa mendukung dengan baik atas program-program yang sudah dicanangkan,” ujarnya.


Tampak hadir di acara ini, Kasi Pendma Kemenag  Sidoarjo H Abdurrahman, serta H Bisri Mustofa selaku Ketua Yayasan MI Ma'arif Ketegan. 


Editor:

Metropolis Terbaru