• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

Ma'had Aly Assunniyyah Kencong Gelar Wisuda Perdana

Ma'had Aly Assunniyyah Kencong Gelar Wisuda Perdana
Prosesi wisuda perdana Ma'had Aly Assunniyyah Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Prosesi wisuda perdana Ma'had Aly Assunniyyah Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Jember, NU Online Jatim

Ma'had Aly Assunniyyah Kencong, Jember menggelar Haflah At-Takharruj atau wisuda perdana pada Senin (21/03/2022) malam. Kegiatan yang diikuti delapan Mahasantri itu dipusatkan di Gedung Ma'had Aly Assunniyyah.


Mudir Ma'had Aly Assunniyyah Akhmad Zaeni menuturkan, sejak berdiri tahun 2015 lalu, baru tahun ini Ma'had Aly Assunniyyah mewisuda mahasantri meski dengan jumlah sedikit. Ia beralasan, hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas lulusan.


"Jadi, bila ada mahasantri yang belum tuntas tugasnya ia harus mengulang. Makanya, yang kita wisuda ini memang betul-betul layak karena telah menyelesaikan kewajiban yang harus mereka lakukan, di antaranya adalah risalah atau skripsi berbahasa arab. Angkatan ini sebenarnya ada 12 mahasantri, namun tiga orang harus mengulang karena belum menyelesaikan risalah," ujarnya.


Ia menambahkan, perkembangan Ma'had Aly Assunniyyah cukup signifikan. Pasalnya tahun ini santri yang mendaftar cukup banyak dibanding sebelumnya. Tercatat ada 50 santri putra dan 30 santri putri yang mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi.


"Namun setelah kita seleksi, yang diterima untuk putra jumlahnya 30, dan putri 26 orang, dan yang putri ini baru angkatan pertama. Tes seleksi agar diterima di Ma'had Aly di antaranya membaca dan menjelaskan kitab Ibanatul Ahkam untuk putra, dan kitab Bulughul Marom tanpa harkat untuk putri, dan semuanya minimal hafal 500 nadzam Alfiyah," imbuhnya.


Sementara itu, Gus Muhammad Iqbal Rodhi, Wakil Mudir yang juga salah satu masyayikh Pesantren Assunniyyah berharap, wisudawan perdana ini bisa terus melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Bahkan, diharapkan berkhidmah di Pesantren Assunniyyah dahulu sebelum menikah.


"Selamat, semoga semuanya mendapat ridha dari Allah, masyayikh dan mendapat ilmu barokah dan manfaat," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru