• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

Himpun Donasi, IPNU Jember Manfaatkan Transaksi Digital

Himpun Donasi, IPNU Jember Manfaatkan Transaksi Digital
Alfan Khairul Ihkwan, Ketua IPNU Jember (kanan) saat menyerahkan papan barcode Q-ris kepada warung warung kreatif Jember. (Foto: NOJ/ Haris)
Alfan Khairul Ihkwan, Ketua IPNU Jember (kanan) saat menyerahkan papan barcode Q-ris kepada warung warung kreatif Jember. (Foto: NOJ/ Haris)

Jember, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 yang belum usai menyebabkan pergeseran interaksi antar manusia. Antara lain harus mengurangi intensitas pertemuan fisik, tatap muka, termasuk juga meminimalkan kontak fisik dalam bertransaksi.

 

Oleh karena itu, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Jember menggunakan digital payment Q-Ris untuk dapat mendukung dan mempermudah pola transaksi antar kader, alumni dan simpatisan saat pembayaran donasi.

 

"Dengan digital payment Q-Ris semua dapat melakukan infaq untuk kebutuhan organisasi dengan mudah, aman dan nyaman," jelas Alfan Khairul Ihkwan, Ketua PC IPNU Jember kepada NU Online Jatim setelah menyerahkan papan barcode di warung kreatif Jember pada Jumat (18/02/2022). 

 

Alfan mengatakan, melalui aplikasi ini para donatur tidak akan sulit dan khawatir dalam berdonasi. Sebab semua sistem keuangan sangat jelas dan terlaporkan secara rinci.

 

"Para donatur tidak akan dibebankan biaya admin, dan batas donasinya minimal 1 rupiah, serta keluar masuk uang sangat jelas tercover secara automatis dalam bentuk laporan cabang," ungkapnya.

 

Aplikasi ini nantinya akan disebarkan kepada pengurus, alumni, dan orang-orang yang memiliki visi yang sama dengan IPNU.

 

"Sehingga mereka semua bisa berkontribusi, tidak hanya dalam bentuk tenaga, pikiran, namun juga dalam bentuk financial. Ini merupakan sebuah wujud upaya untuk kemandirian organisasi," ungkap mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiyai Ahmad Siddiq tersebut. 

 

Nantinya, hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk mengelola oraganisasi dan juga kepentingan bersama dalam kegiatan IPNU-IPPNU Jember. "Jadi bahasanya dari kader, oleh kader dan untuk kader," ujar Alfan. 

 

Sementara Edy, salah satu admin pengelola Q-Ris mengatakan, dengan digital payment Q-Ris melalui aplikasi GV e-many yang berada di bawah naungan Bank Indonesia diharapkan bisa membantu dan mempermudah pembayaran donasi untuk pengembangan organisasi IPNU Jember. 

  

"Semoga bisa membantu dan mempermudah terhadap IPNU Jember dalam pembayaran donasi," pungkasnya. 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru