• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Ikhtiar MTs Lana Sidoarjo Harap Siswa Teladani Mbah Hasyim Lewat Film

Ikhtiar MTs Lana Sidoarjo Harap Siswa Teladani Mbah Hasyim Lewat Film
Siswa-siswi MTs Lana Sentul, Tanggulangin, Sidoarjo saat menonton film Sang Kiai. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Siswa-siswi MTs Lana Sentul, Tanggulangin, Sidoarjo saat menonton film Sang Kiai. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Suasana tampak berbeda terlihat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lana Sentul, Tanggulangin, Sidoarjo pada Senin (14/02/2022). Pasalnya, guna memperingati Hari Lahir (Harlah) Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari saat mata pelajaran Aswaja siswa-siswi diajak nonton film ‘Sang Kiai’.

 

"Momen ini sudah kami konsep sejak awal, agar pembelajaran lebih bervariatif. Dan, menjelang Harlah NU sekaligus bertepatan dengan hari lahir muassis NU KH M Hasyim Asy'ari kami melaksanakan kegiatan tersebut," jelas guru mata pelajaran Aswaja, Agung Arie Iswanto kepada NU Online Jatim.

 

Ia mengatakan, bahwa nobar film Sang Kiai ini sebagai langkah awal untuk membentuk jiwa nasionalisme dan patriotisme pada diri siswa dan siswi. Menurutnya, denga film pembelajaran akan lebih efektif karena ditunjukkan secara visual, dan para peserta didik akan lebih mengerti dan meresapi kisah perjuangan pendiri NU tersebut.

 

Pria yang juga Wakil Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sidoarjo ini juga memberikan tugas kepada siswa-siswi untuk meresume film tersebut. Bahkan, hal yang terkandung dalam film tersebut diupayakan agar dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Semua siswa-siswi saya tekankan untuk menyimak dan memperhatikan dengan baik, agar dapat meresume dengan sempurna, serta dapat meneladani jiwa nasionalis sosok KH M Hasyim Asy'ari dalam film itu," ungkap lulusan S1 Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) itu.

 

Sementara itu, salah satu siswi MTs Lana, Kiki Oktavianti mengungkapkan, selama ini dirinya mengenal KH M Hasyim Asy'ari hanya sebatas nama Pahlawan Nasional dan pendiri NU. Ia mengaku sangat takjub dan lebih mengerti akan kisah perjuangan Mbah Hasyim setelah menonton film Sang Kiai tersebut.

  

"Melalui film ini saya dan teman-teman dapat lebih memahami kisah perjuangan kiai dan santri saat melawan penjajah, serta kala meletakkan pondasi kesatuan dan persatuan bangsa. Saya sangat takjub dengan KH M Hasyim Asy’ari, beliau benar-benar teladan bagi kami generasi masa kini,” tandasnya.


Metropolis Terbaru