• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Metropolis

MTs Lana di Sidoarjo Jadikan KTI sebagai Syarat Naik Kelas

MTs Lana di Sidoarjo Jadikan KTI sebagai Syarat Naik Kelas
Peluncuran buku panduan karya tulis ilmiah di MTs Lana Sentul, Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/Maschan Yusuf)
Peluncuran buku panduan karya tulis ilmiah di MTs Lana Sentul, Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lana Sentul di Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, meluncurkan buku pedoman penulisan karya ilmiah yang akan menjadi syarat bagi siswa-siswi untuk tugas akhir kenaikan kelas pada Sabtu (18/09/2021).

 

Akhmad Mujayyid, Kepala MTs Lana Sentul, mengatakan, berdasalkan hasil rapat dewan guru, MTs Lana menginginkan siswa-siswinya benar-benar menjadi generasi cemerlang melalui karya tulis ilmiah.

 

Nantinya, terdapat beberapa guru pembimbing yang akan ditunjuk untuk melakukan pembinaan secara intens terhadap siswa-siswi agar dapat mengerjakan dan membuat karya tulis ilmiah. Para peserta didik kemudian akan mempresentasikan hasil karyanya di depan penguji.

 

"Buku ini disusun dengan tujuan pedoman peserta didik dalam menyelesaikan tugas penulisan. Kami ingin peserta didik kami nantinya benar-benar menjadi great generation, sesuai motto sekolah ini," ungkap Mujayyid.

 

Dia menambahkan, tujuan menjadikan karya tulis ilmiah tersebut sebagai acuan akademik agar para peserta didik mampu merangkum, mengaplikasikan, menuangkan, memecahkan masalah, dan mengembangkan ide dan keterampilan dalam melakukan sebuah penelitian.

 

Dengan begitu, diharapkan para peserta didik dapat melakukan sebuah inovasi dalam suatu bidang tertentu secara sistematis, logis, kritis dan kreatif dengan di dukung data atau informasi yang akurat dengan analisis yang tepat menjadi sebuah makalah atau pun disusun menjadi sebuah buku ilmiah.

 

"Semua sudah tertuang dalam buku pedoman, kita bentuk kelompok dengan masing-masing kelompok ada guru pembimbing yang akan membimbing peserta didik" pungkas alumni ITS tersebut.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru