• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 23 Mei 2022

Tapal Kuda

Harlah ke-96 NU, Ansor di Lumajang Nobar Film Sang Kiai

Harlah ke-96 NU, Ansor di Lumajang Nobar Film Sang Kiai
Nobar Sang Kiai oleh GP Ansor Klakah, Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)
Nobar Sang Kiai oleh GP Ansor Klakah, Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang menggelar Nonton Bareng (Nobar) film Sang Kiai pada Kamis (27/01/2022) malam di halaman salah satu rumah warga Desa Kudus Kecamatan Klakah.

 

Acara yang digelar untuk memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-96 NU itu dihadiri jajaran pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Klakah, jajaran pengurus Ansor Klakah beserta puluhan masyarakat setempat.

 

Iqzak Sameer, penanggung jawab acara ini, menuturkan, ide menonton film perjuangan Kiai Hasyim Asy'ari ini dari sahabat-sahabat Ansor Klakah yang melihat masyarakat banyak yang hanya mengenal nama pendiri NU tapi tidak paham sepak terjang perjuangannya.

 

"Agar tahu jasa para Muassis NU yang sudah berjuang dalam memerdekakan NKRI terutama Hadrotus Syaikh. Sehingga cinta kita dalam berkhidmad kepada NU semakin kuat dan dapat meneladani beliau dalam semangat dan kesabaran beliau dalam berjuang," ungkap Sekretaris VI Ansor Klakah Bidang Sosial Kepemudaan itu.

 

Sementara itu, Yatno, salah satu warga yang menonton film terebut, merasa sangat berterima kasih dengan digelarnya acara ini. Dia yang selama ini hanya sedikit tahu mengenai sejarah perjuangan Kiai Hasyim, kini bisa menambah wawasannya.

 

"Alhamdulillah kini banyak tahu sejarah perjuangan Kiai Hasym Asy'ari dari nonton film tadi. Acara seperti ini perlu sering di lakukan, selain untuk belajar dan mendalami sejarah, ini juga dapat memperkokoh silaturahmi antar masyarakat," ujar Yatno.

 

Dia berharap, pemuda-pemuda sekarang perlu menonton sejarah seperti ini agar tidak lupa sejarah bagaimana sepak terjang Kiai-kiai NU dalam memperjuangkan kemerdekaan. "Sehingga rasa nasionalisme dan kecintaan generasi muda terhadap bangsa ini tidak pudar," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru