• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Pantura

Menuju Harlah, NU di Lamongan Target 4 Ribu Warga Punya Kartanu

Menuju Harlah, NU di Lamongan Target 4 Ribu Warga Punya Kartanu
Proses pembuatan Kartanu oleh PRNU Kedungwangi, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)
Proses pembuatan Kartanu oleh PRNU Kedungwangi, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)

Lamongan, NU Online Jatim

Menjelang perayaan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kedungwangi, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan menargetkan 4 ribu warga sudah memiliki Kartu Tanda Nahdlatul Ulama Elektronik (E-Kartanu).


“Selain itu, dalam rangka memperingati Harlah NU kami akan melakukan pemasangan seribu bendera NU,” ujar Ketua PRNU Kedungwangi Agus Susanto, Ahad (02/01/2022).


Ia menambahkan, bahwa E-Kartanu tersebut untuk dapat diakses melalui telepon pintar berbasis Android dan Ios. Menurutnya, Kartanu tersebut merupakan program resmi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang kini akan diluncurkan juga oleh PRNU Kedungwangi. 


"Kehadiran E-Kartanu bukan hanya sebagai penanda atau identitas saja, namun lebih dari itu E-Kartanu terus dikembangkan dalam rangka memudahkan warga NU sekaligus sebagai sebuah bentuk khidmat dan pelayanan keumatan,” ungkapnya.


Dirinya mengatakan, bahwa fungsi dan manfaat E-Kartanu sangat banyak. Salah satunya dapat digunakan sebagai tabungan syari’ah seperti pada umumnya, bahkan juga bisa difungsikan sebagai tabungan Haji dan Umroh.


“E-Kartanu juga bisa kita gunakan untuk macam-macam transaksi, misal bayar listrik, beli pulsa, beli tiket, dan lain sebagainya,” kata Agus Susanto.


Pada perayaan Harlah NU, nanti pihaknya juga mewajibkan seluruh rumah penduduk memasang bendera. Bahkan, dirinya menargetkan ada sekitar 1000 bendera NU terpasang di Desa Kedungwangi, Sambeng, Lamongan.
 


“Harapan kami kepada pengurus lembaga dan banom NU, serta elemen masyarakat dapat bersinergi dan mensukseskan kegiatan ini,” pungkasnya.


Pantura Terbaru