• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Metropolis

Omicron Masuk Jatim, Nahdliyin Diminta Waspada

Omicron Masuk Jatim, Nahdliyin Diminta Waspada
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Surabaya, NU Online Jatim

Peredaran virus Covid-19 varian Omicron terdeteksi mulai masuk ke Jawa Timur. Untuk itu, Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur mengimbau masyarakat agar tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan.


Warga yang tertular Covid-19 varian Omicron tersebut terkonfirmasi warga Kota Surabaya. Namun, soal identitas yang bersangkutan masih dirahasiakan. Begitu pula soal riwayat penularan masih dirahasiakan pihak terkait.


Jubir Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, Makhyan Jibril Al-Farabi mengatakan, varian Omicron saat ini sudah terdeteksi di wilayah Jatim. Maka dari itu, pihaknya mengajak masyarakat agar terus waspada.


“Kita harus waspada, karena varian ini penularannya sangat cepat. Namun, masyarakat tidak perlu panik menyikapi hal ini,” ujarnya dilansir jatim.idntimes, Ahad (02/01/2022).


Jibril menambahkan, bahwa varian Omicron sejauh ini belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah dilakukan vaksinasi. 


Menurutnya, saat ini yang perlu dilakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Jatim. Yakni dengan terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.


“Terus terapkan prokes ketat sampai virus Covid-19 benar-benar tuntas,” harap Jibril.


Sebagai informasi, Intitute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) menerima sampel dengan CT Value rendah pada 28 Desember 2021 lalu. Karena curiga dengan sampel tersebut, pihak ITD Unair langsung melakukan screening. 


Hasil Whole Genome Sequencing (WGS) pun keluar pada Sabtu (1/1/2022). Sampel tersebut menunjukkan positif Covid-19 varian Omicron.


Diketahui, kasus aktif Covid-19 di Jawa Timur per 01 Januari 2022 ada 98 orang dari total 400.081. Adapun pasien yang meninggal sebanyak 29.746 orang dan yang sembuh sebanyak 370.237.


Metropolis Terbaru