• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Tapal Kuda

Cucu Mbah Hasyim Jelaskan Ragam Ujian Manusia

Cucu Mbah Hasyim Jelaskan Ragam Ujian Manusia
KH Fahmi Amrulloh Hadziq, cucu Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
KH Fahmi Amrulloh Hadziq, cucu Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

KH Fahmi Amrulloh Hadziq, cucu Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari menjelaskan dua macam ujian yang pasti dialami setiap manusia. Dua jenis ujian tersebut berupa ujian keburukan dan ujian berupa kebaikan.


“Namun, kebanyakan manusia gagal menghadapi ujian yang berupa kebaikan yang disebabkan karena lalai,” ujarnya saat Istighotsah Rokat Semeru di Posko NU Peduli Semeru, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Sabtu (01/01/2022).


Kiai Fahmi menjelaskan, ujian apapun yang diberikan oleh Allah SWT menjadi ukuran kualitas amal seseorang. Karena Allah lah yang menciptakan kematian dan kehidupan.


“Itu dilakukan untuk menguji masing-masing hamba yang paling baik amalnya," jelasnya mengutip Surat Al-Mulk ayat 2.


Lebih mendalam, terkait bencana erupsi Gunung Semeru yang dialami warga Candipuro dan Pronojiwo, Lumajang, menurut Kiai Fahmi banyak hikmah yang bisa diambil pelajaran.


"Karena bencana ini memotivasi manusia yang lain untuk memberikan bantuan. Bahkan, sejumlah daerah di lokasi terdampak menjadi daerah yang banyak diketahui orang lain, meski sebelumnya tidak ada perhatian,” ungkapnya.


Putri dari Nyai Khodijah binti KH M Hasyim Asy'ari ini berharap, NU sebagai organisasi terbesar di dunia yang warganya tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia, bisa menjadi ujung tombak penanganan bencana ini.


"Jangan kalah sama yang minoritas. Kita kerahkan semuanya, karena kata Mbah Hasyim siapa yang mau ngurus NU akan didoakan jadi santrinya, dan barang siapa yang menjadi santri Mbah Hasyim tak doakan masuk surga," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru