• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Rokat Gunung Semeru, Ketua NU Lumajang: Kita Harus Bersabar

Rokat Gunung Semeru, Ketua NU Lumajang: Kita Harus Bersabar
Plt Ketua PCNU Lumajang KH Jamaluddin (pegang mik). (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)
Plt Ketua PCNU Lumajang KH Jamaluddin (pegang mik). (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim

Pelaksanan Tugas (Plt) Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang KH Jamaluddin menyampaikan, agar korban bencana erupsi Gunung Semeru terus memupuk kesabaran dan berdoa kepada Allah SWT. Penegasan itu disampaikan saat Istighotsah Rokat Gunung Semeru, Sabtu (01/01/2022).


Kegiatan yang diinisiasi Tim Penanganan Bencana Gunung Semeru tersebut dihadiri oleh Gus Fahmi Amirullah Hadziq cucu Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari. Hadir pula pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candipuro, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), dan masyarakat umum.


Dalam kesempatan itu, Kiai Jamaluddin menyampaikan bahwa bencana merupakan hal yang tidak dapat diduga, ia bisa datang kapan dan di mana saja. Maka dari itu, sebagai umat muslim sudah seharusnya menghadapi bencana dengan tenang.


“Tentu, sejumlah hal juga perlu dilakukan dalam menghadapi bencana ini sebagai bentuk penanganan,” ujarnya.


Salah satunya ialah memupuk rasa sabar atas ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Karena dengan itu akan ada hikmah yang akan dirasakan dibalik bencana tersebut. Selain itu, ikhtiar untuk berbenah dan bangkit juga hal yang mesti dilakukan.


Menurutnya, salah satu hikmah yang dapat dipetik ialah meningkatnya rasa peduli terhadap sesama. Yakni dengan bergotong royong membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru. 


“Bencana ini meningkatkan kepedulian kita kepada sesama. Karena tidak hanya warga Lumajang saja yang membantu, tapi juga masyarakat se-Indonesia atau nasional, bahkan internasional turut empati dengan peristiwa ini,” terangnya.


Selain sabar dan ikhtiar, sudah selayaknya seorang hamba rajin berdoa dan memohon petunjuk kepada Allah SWT. Yakni dengan meningkatkan keimanan seorang umat manusia.


“Dan, istighotsah serta doa bersama Rokat Gunung Semeru ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memohon perlindungan kepada Allah sebagaimana dimaksud. Semoga diberikan keselamatan dan memberikan kedamaian kepada warga terdampak,” tuturnya.


Dirinya pun menyampaikan bahwa banyak terima kasih terhadap semua pihak atas terlaksananya Istighotsah Rokat Gunung Semeru yang berjibaku dengan totalitas, baik tenaga dan pikiran, sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik.
 


“Kami hanya bisa memberikan doa jazakumullah khairan katsiro. Semoga ikhitiar yang dilakukan bermanfaat untuk semuanya,” pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru