• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Tapal Kuda

JQHNU Lumajang Diharapkan Istiqamah Perjuangkan Aswaja

JQHNU Lumajang Diharapkan Istiqamah Perjuangkan Aswaja
Rapat evaluasi akhir tahun JQHNU Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)
Rapat evaluasi akhir tahun JQHNU Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Jam'iyyatul Qurra' Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Lumajang mengadakan rapat evaluasi kerja akhir tahun di kediaman KH Muh Darwis, Katib Syuriyah PCNU Lumajang di Wonorejo, Kedungjajang pada Jumat (31/12/2021).

 

Dalam pengarahannya, Kiai Darwis selaku penasehat PC JQHNU Lumajang berharap para hafidzdan qari hendaknya tidak melupakan tujuan organisasi. Tujuan itu harus menginduk ke rumah bersama yaitu Nahdlatul Ulama dengan terus menjaga ideologi Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja).

 

"Kita sering dilapori masyarakat ada yang menggerogoti lewat tahfidz. JQHNU didirikan untuk menjawab kehausan masayarakat tentang tahfidz yang berideologi Aswaja. Sekarang banyak lembaga tahfidz banyak yang bukan Aswaja," ungkapnya.

 

Kiai kelahiran Pamekasan, Madura, itu mengatakan, yang dilakukan JQHNU Lumajang pertama kali adalah membangun narasi ditengah-tengah masyarakat. Narasi yang dibangun yaitu tidak cukup hanya tahfidz saja, namun harus juga yang bersanad kepada ulama Aswaja.

 

"Tahfidz yang bersanad dan lembaganya harus Aswaja agar tidak seperti Abdurrahman bin Muljam yang hafal Al-Qur'an tapi membunuh Sayyidina Ali," imbuh Kiai Darwis.


Tapal Kuda Terbaru